Heli Camov 32 Mulai Padamkan Kebakaran Lahan

Kompas.com - 24/01/2008, 21:04 WIB
Editor

PONTIANAK, KAMIS - Heli Camov 32 yang disewa Departemen Kehutanan, Kamis (24/1), mulai memadamkan kebakaran lahan di sekitar Kota Pontianak. Heli berkapasitas angkut 5.000 liter air itu digunakan untuk memadamkan kebakaran di wilayah yang sulit dijangkau lewat perjalanan darat. Upaya pemadaman kebakaran lahan juga cukup terbantu dengan hujan yang mengguyur Kota Pontianak pada sore hingga malam hari.

”Kebakaran lahan yang ada di pinggiran Kota Pontianak seperti di Sungai Raya Dalam, Parit Husin, dan Purnama, patut dicurigai tidak hanya dilakukan petani yang membuka lahan, tetapi juga oleh pengembang perumahan. Jika memang benar terbukti, kami berharap aparat penegak hukum menangkap para pengembang tersebut,” kata Kepala Sub Dinas Perlindungan Hutan, Dinas kehutanan Kalbar Sunarno.

Kebakaran lahan yang melanda pinggiran Kota Pontianak selama hampir sepuluh hari ini, diperkirakan mencapai 100 hektar. Selain sempat membuat sejumlah penerbangan terganggu, kabut asap dari pembakaran lahan itu turut memicu peningkatan penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Kota Pontianak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.