Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heli Camov 32 Mulai Padamkan Kebakaran Lahan

Kompas.com - 24/01/2008, 21:04 WIB

PONTIANAK, KAMIS - Heli Camov 32 yang disewa Departemen Kehutanan, Kamis (24/1), mulai memadamkan kebakaran lahan di sekitar Kota Pontianak. Heli berkapasitas angkut 5.000 liter air itu digunakan untuk memadamkan kebakaran di wilayah yang sulit dijangkau lewat perjalanan darat. Upaya pemadaman kebakaran lahan juga cukup terbantu dengan hujan yang mengguyur Kota Pontianak pada sore hingga malam hari.

”Kebakaran lahan yang ada di pinggiran Kota Pontianak seperti di Sungai Raya Dalam, Parit Husin, dan Purnama, patut dicurigai tidak hanya dilakukan petani yang membuka lahan, tetapi juga oleh pengembang perumahan. Jika memang benar terbukti, kami berharap aparat penegak hukum menangkap para pengembang tersebut,” kata Kepala Sub Dinas Perlindungan Hutan, Dinas kehutanan Kalbar Sunarno.

Kebakaran lahan yang melanda pinggiran Kota Pontianak selama hampir sepuluh hari ini, diperkirakan mencapai 100 hektar. Selain sempat membuat sejumlah penerbangan terganggu, kabut asap dari pembakaran lahan itu turut memicu peningkatan penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Kota Pontianak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com