Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Program Pengalihan Tanpa Membakar

Kompas.com - 21/01/2008, 16:53 WIB

PONTIANAK, SENIN - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, meminta instansi terkait untuk memadamkan kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap. “Sebenarnya maunya (pembakar lahan) ditangkap saja, tapi saat ini masih berupaya membina supaya (pembakar lahan) sadar,” katanya, Senin (21/1).

Ironinya, Kepala Dinas Pertanian Kalbar Hazairin mengaku belum memiliki program bantuan untuk mengalihkan pola pengolahan lahan gambut petani dengan cara membakar. “Kalau dibantu, berapa besar biaya yang dibutuhkan? Kami tidak mempunyai anggaran sebesar itu,” katanya.

Menurutnya ada dua cara pengolahan lahan gambut, yakni mekanisasi dan menggunakan herbisida. Mekanisasi hanya bisa dilakukan di lahan yang tidak kering dan membutuhkan biaya Rp 1,5 juta-Rp 5 juta per hektare.

Sementara penggunaan herbisida atau obat pembasmi gulma, minimal membutuhkan biaya Rp 2 juta per hektar. Padahal dari sekitar 285.000 hektar lahan pertanian di Kalbar, sekitar 20 persennya atau 57.000 hektar masih menggunakan pola membakar.

Dikatakannya, Distan Kalbar baru bisa mendorong petani melakukan penanaman dua kali setahun, agar pengolahan tanah berkelanjutan. Dengan demikian tidak ada jeda waktu yang membuat lahan kembali ditumbuhi semak. Tahun 2008 ini, sejumlah 2,5 juta ton bantuan benih dibagikan untuk merealisasikan program tersebut. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com