Salin Artikel

Jejak Kaki Raksasa Ungkap Rahasia Dinosaurus Berleher Panjang

KOMPAS.com - Lebih dari 160 juta tahun lalu, dinosaurus berleher panjang atau sauropoda hidup di muka bumi ini. Dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan ini memiliki tubuh yang bisa mencapai 15 meter serta bobot lebih dari 10 ton. Tak heran, sauropoda kerap mendapat predikat sebagai dinosaurus terbesar yang pernah hidup di dunia.

Baru-baru ini, para peneliti berhasil menemukan jejak kaki dinosaurus tersebut di Isle of Skye, Skotlandia.

Jejak ini selama bertahun-tahun tersembunyi dari pandangan mata manusia. Jika tidak diperhatikan, mungkin kita tidak akan menyadari bahwa kolam-kolam yang ada di pantai berbatu Skye merupakan jejak kaki saurupoda.

Temuan ini tentunya merupakan hal bersejarah bagi ilmu pengetahuan. Sebab. penelitian yang dipublikasikan di Scottish Journal of Geology, Senin (2/4/2018) lalu menyebut jika jejak kaki utuh tersebut bisa membantu memahami periode Jurassic Tengah yang terjadi 164 hingga 174 juta tahun yang lalu.

Bukti-bukti dinosaurus yang hidup di periode Jurassic Tengah memang jarang ada, hanya beberapa situs fosil saja yang saat ini berhasil ditemukan di seluruh dunia.

"Jurassic Tengah merupakan periode yang sangat penting di mana beberapa hewan mulai mengalami evolusi. Skye merupakan salah satu tempat di mana kita bisa menemukan fosil-fosil ini," kata Steve Brusatte, paleontolog dari Universitas Edinburgh.

Hal menarik lain seputar penemuan ini adalah pandangan baru soal bagaimana sauropoda hidup.

Dari analisis, peneliti menemukan jika Sauropda secara teratur mengarungi pantai yang dangkal untuk mencari makanan. Namun, bukan berarti perairan adalah tempat tempat tinggal mereka.

Pada awal 1900-an, peleontolog hanya melihat dinosaurus berleher panjang ini sebagai hewan pemakan rumput yang tinggal di sekitar rawa-rawa. Pergerakan mereka terbatas lantaran ukuran tubuh mereka yang masif.

Namun, adanya penelitian ini dapat memberikan wacana baru. Sauropoda juga berjalan di atas tanah padat serta melakukan perjalanan ke berbagai wilayah. Tulang serta jejak kaki sauropoda telah ditemukan di semua benua, termasuk Antartika.

"Tidak seperti perkiraan sebelumnya. Air bukanlah satu-satunya tempat mereka hidup. Mereka sangat dinamis dan energik. Mereka mungkin menjelajahi lingkungan manapun yang mereka bisa," kata Brusatte.