Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

70 Persen Orang Bisa Mendengar Animasi Tanpa Suara Ini, Sains Jelaskan

KOMPAS.com - Coba Anda lihat animasi Graphics Interchange Format (GIF) yang tercantum dalam unggahan Twitter di bawah ini atau di akhir artikel. Apakah Anda bisa mendengar bunyi dari animasi tanpa suara tersebut?

Sebetulnya, animasi ini bukan hal baru. Ia diciptakan pada 2008 oleh pengguna Twitter dengan nama akun @IamHappyToast sebagai bagian dari tantangan photoshop di situs b3ta.com.

Sejak saat itulah, animasi ini kemudian beredar online dan menjadi viral. Ia bahkan masuk dalam daftar foto Imgur pada tahun 2011 yang diberi judul "Ilusi Optik Untuk Telinga".

Namun, baru-baru ini Dr Lisa DeBruine dari Institute of Neuroscience & Psychology University of Glasglow membahas kembali fenomena ini di Twitternya. Dia meminta pengikutnya untuk menggambarkan apakah mereka mengalami sensasi pendengaran saat melihat animasi tersebut.

Pertanyaan Dr DeBruine ini menerima lebih dari 245.000 tanggapan, dan sekitar 70 persen responden menjawab bahwa mereka dapat mendengar suara bergetar.

Sedangkan responden lain mencoba menjelaskan mengapa suara itu terdengar dan mengaitkannya dengan aktivitas neuron yang berkolerasi.

"Otak bekerja dengan 'mengharapkan/ memprediksi' apa yang akan terjadi secara visual dan kemudian menyalakan versi dari apa yang mereka harapkan melalui indera yang relevan. Juga menjelaskan mengapa beberapa orang mungkin 'merasakan' sebuah guncangan fisik," jelasnya.

Kepada BBC, Selasa (5/12/2017), Dr DeBruine mengatakan, saya tidak tahu mengapa beberapa orang mendengarnya dengan sangat jelas, yang lain hanya merasakannya sedikit, dan lainnya tidak merasakan sama sekali. Beberapa orang tuli dan sulit mendengar juga melaporkan ketiga persepsi tersebut seperti orang yang mengalami aphantasia (kesulitan berimajinasi).

"Saya pikir beberapa pengamat visual yang saya ikuti dapat menjelaskan secara tepat, tapi sepertinya ada beberapa penjelasan yang masuk akal, tanpa konsensus yang jelas," imbuhnya.

Viralnya fenomena ini di Twitter juga menarik perhatian Chris Fassnidge, seorang kandidat doktor dalam bidang psikologi di London's City University yang telah melakukan penelitian di bidang ini.

Dia menyarankan sebuah teori yang mungkin disebut oleh laboratoriumnya sebagai "telinga visual".

"Saya menduga fenomena animasi GIF yang bersuara sangat erat kaitannya dengan apa yang kita sebut Respons Visual yang Menimbulkan Pendengaran atau sering disebut vEAR," ungkap Fassnidge.

"Ini adalah kemampuan beberapa orang untuk mendengar benda bergerak meski mereka tidak bersuara, yang mungkin merupakan bentuk sinestesia halus atau dipicunya satu indera oleh indera lainnya," tambahnya.

Fassnidge juga berkata bahwa hal itu dapat tercipta jika kita terus dikelilingi oleh gerakan yang membuat suara, seperti suara kaki ketika berjalan, bibir yang bergerak saat berbicara atau bunyi pecahan kaca ketika gelas jatuh dan menyentuh lantai.

"Hingga batas tertentu, ada bukti yang menunjukkan bahwa pasangan sinestetik dipelajari selama masa tumbuh kembang," katanya.

Dia pun menduga bahwa apa yang menyebabkan seseorang mengalami vEAR dan seberapa besar perbedaan yang dialami satu individu dan lainnya berhubungan dengan bagaimana otak bekerja.

https://sains.kompas.com/read/2017/12/12/200600223/70-persen-orang-bisa-mendengar-animasi-tanpa-suara-ini-sains-jelaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke