Salin Artikel

Dengarkan Suara Piringan Emas yang Dikirim oleh Bumi ke Antariksa

KOMPAS.com -- Pada detik ini, miliaran kilometer dari bumi, wahana antariksa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serika (NASA), Voyager 1 dan 2, yang diluncurkan pada tahun 1977 sedang melaju dengan kecepatan puluhan ribu kilometer.

Mereka membawa dua piringan emas legendaris yang sejak pertama kali dicetuskan, memang tidak pernah ditujukan untuk konsumsi manusia. Kedua piringan emas adalah catatan dan perkenalan bumi untuk para alien yang mungkin menghuni luar angkasa.

Piringan emas tersebut berisi salam dalam 55 bahasa, 115 gambar, pesan dari Presiden Jimmy Carter dan Sektretaris Jenderal PBB ke-4 Kurt Waldheim, dan suara-suara alam, seperti suara ombak dan petir, serta kicauan burung. Selain itu, piringan tersebut juga diisi dengan musik bumi dari berbagai budaya dan era.

Pada awalnya, NASA hanya menciptakan 14 piringan emas. Dua di antaranya untuk Voyager 1 yang kini telah meninggalkan tata surya dan Voyager 2 yang akan segera menyusul. Sementara itu, selusin salinan sisanya disimpan oleh NASA.

Carl Sagan, seorang astronom dan fisikawan yang memimpin produksi piringan emas, saja tidak kebagian. Ketika dia menulis surat kepada NASA pada tahun 1978 untuk meminta satu salinan sebagai memento, dia hanya mendapat penolakan.

Dikutip dari The Atlantic 25 Agustus 2017, NASA membalas, Anda tentu mengerti kekhawatiran kami bila memento yang sangat berharga ini diberikan kepada beberapa individu.

Kini, 40 tahun telah berlalu dan Anda pun bisa memilikinya di rumah. Sekelompok tim kecil dari California, Amerika Serikat berhasil menyalin audio dari piringan emas yang asli dan merekamnya ke sebuah vinyl. Album ini diproduksi oleh David Pescovitz, seorang direktur peneliti di Institute for the Future.

Anda juga bisa mendengar cuplikan dari piringan emas di akun Soundcloud resmi mereka, klik di pemutar MP3 di bawah ini: