Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Hawking sampai Ariana Grande, Ini Tokoh Dunia yang Percaya Alien

Kompas.com - 23/05/2017, 22:36 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kita sendirian di alam semesta? Pertanyaan menarik ini sampai sekarang belum terjawab.

Bumi berada di galaksi Bima Sakti yang punya sekitar 160 miliar planet. Galaksi lain bisa jadi punya planet lebih banyak.

Mungkinkah manusia punya "teman" di tempat lain?

Meski belum ada bukti ilmiah keberadaannya, sejumlah orang terkenal percaya bahwa alien itu ada. Siapa saja mereka?

Winston Churchill

Winston Churchiil dikenal kemahiran politik dan kepemimpinannya selama masa sulit Britania. Tapi, jarang orang mengenal pemikirannya tentang alien.

Churchill menulis esai 11 halaman tentang kehidupan alien pada 1939, memperlihatkan ketertarikannya pada alam semesta, menguraikan definisi kehidupan, dan bahan penyusunnya.

"Saya, untuk satu hal, tidak begitu berkesan dengan kesuksesan yang kita buat pada peradaban saat ini sehingga saya menyiapkan untuk berpikir kita tidak berada di satu-satunya titik di alam semesta yang mengandung kehidupan, makhluk yang berpikir," tulis Churchill dalam esainya,

Esai Churchill terdeskripsikan dalam sebuah artikel yang termuat di jurnal Nature pada Februari 2017.

Khloe Kardashian

Setidaknya satu dari anggota keluarga Kardhasian mempercayai alien. Pada 2015, Khloe Kardashian melihat cahaya aneh di langit dan berkicau di Twitter "Kendall dan saya berlarian keluar!!!!!! #UFO." (spazzing out).

Meskipun Angkatan Laut Amerika menyatakan cahaya tidak biasa itu bagian dari tes misil yang telah direncakan sebelumnya, Kardashian tetap pada pendapatnya.

"Apa yang kita harapkan dari omongan orang? Jelas mereka akan berkata itu hujan meteor. Saya seperti teori konspirasi, biarkan saya menikmati hal ini," tanggapan Kardashian.

Hillary Clinton

Dalam sebuah wawancara di radio dan kumudian pada siaran "Jimmy Kimmel Live", Clinton mengatakan ia ingin meninjau arsip tentang UFO dan situs area 51 yang misterius di Nevada dan menjadikannya bisa diakses publik.

"Saya ingin kita pergi melihat arsip itu dan berharap dapat menjadikan bisa diakses publik sebanyak mungkin," kata Clinton kepada Kimmel. "Jika tidak ada apapun di sana, mari katakan kepada masyarakat bahwa tidak ada sesuatu di sana."

Area 51, terletak sekitar 80 mil (130 km) barat laut Las Vegas, dalam gurun Nevada, dan merupakan pos terdepan militer terbatas yang menjadi bagian pangkalan udara Edward.

Tempat itu menjadi lokasi program militer tersembunyi dan kerahasianya memicu teori konspirasi tentang adanya alien dan UFO.

Pada 2013, dokumen CIA yang deklasifikasikan merinci sejarah Area 51, mengungkapkan bahwa tempat itu berperan dalam uji coba pesawat pengintai seperti U-2. Tidak ada penyebutan alien atau UFO dalam dokumen tersebut.

Zayn Malik

Penyanyi Zayn Malik mengatakan kepada majalah Glamour pada July 2016 bahwa ia ingin meninggalkan boyband One Direction dan bersolo karir setelah kejadian magis.

"Seorang alien berbicara padaku dalam sebuah mimpi," katanya Malik tengah menjalin relasi dengan model Gigi Hadid, yang akhir-akhir ini berpose dengan tema luar angkasa untuk Harper's Bazaar.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com