Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polusi Air dan Udara Sebabkan 1 dari 4 Anak Meninggal

Kompas.com - 14/03/2017, 16:45 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - WHO menyatakan, polusi bertanggung jawab atas seperempat dari kematian anak-anak di seluruh dunia.

Polusi berupa udara tercemar, air yang tidak aman, dan kurangnya sanitasi lingkungan tempat tinggal menyebabkan kematian sekitar 1,7 juta anak balita setiap tahun.

Polusi bertanggung jawab atas satu dari empat kematian pada semua anak balita, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Polusi air dan udara menjadi penyebab utama.

Laporan menemukan, lingkungan yang tercemar, baik air, udara, dan kebersihan menyebabkan kematian 1,7 juta anak setiap tahun, tetapi banyak dari kematian balita yang dapat dicegah dengan menyediakan bahan bakar memasak yang aman dan mencegah polusi udara dalam ruangan.

"Lingkungan yang tercemar adalah salah satu kondsi yang mematikan terutama untuk anak-anak balita," kata Dr Margaret Chan, director-general WHO. "Mereka mempengaruhi organ dan sistem kekebalan tubuh.”

Bahaya dari polusi udara sendiri dinilai Chan dapat mulai terjadi dari dalam rahim dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Setelah lahir, polusi udara meningkatkan risiko pneumonia, penyebab utama kematian balita, dan penyakit paru-paru seumur hidup seperti asma.

Hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan kanker di kemudian hari.

Ia melaporkan, pengaruh lingkungan yang tidak sehat telah menyebabkan 570.000 anak di bawah lima tahun meninggal setiap tahun dari infeksi pernapasan seperti pneumonia, sedangkan 361.000 lainnya mati karena diare, akibat air tercemar dan lingkungan yang kotor.

WHO juga memperkirakan bahwa 11-14% dari anak-anak berusia lima tahun dan lebih tua melaporkan gejala asma, dengan hampir setengah dari kasus-kasus ini berkaitan dengan polusi udara.

Dr Maria Neira, Direktur WHO untuk kesehatan lingkungan dan sosial mengatakan, penelitian pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa lebih dari 3 juta orang per tahun meninggal lebih dini karena polusi udara di luar ruangan. Jumlah ini lebih besar dari kasus malaria dan HIV / AIDS yang digabungkan.

Chan mengatakan kepada BBC pada hari Senin lalu bahwa polusi udara adalah "salah satu ancaman paling berbahaya" pada skala yang jauh lebih besar daripada HIV atau Ebola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com