Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2017, 14:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN.com

KOMPAS.com - Sehat atau tidaknya penataan rambut sehari-hari, bukan hanya bergantung pada bentuk penataan atau bahan kimia yang Anda gunakan, namun lebih kepada apa yang dirasakan di kulit kepala.

Beberapa jenis penataan rambut sehari-hari, seperti kuncir kuda atau menggunakan jepitan yang terlau kencang dapat menyebabkan sensasi ”rambut sakit” setelah Anda mengurainya kembali.

Ini memang sensasi umum. Tetapi itu tak hanya berarti bahwa rambut kita yang sakit, melainkan struktur di bawah rambut yang mendapatkan lebih banyak stres.

"Bila diibaratkan, rambut Anda hanyalah puncak dari gunung es," Dr. Paradi Mirmirani, direktur gangguan rambut untuk Kaiser Permanente di California utara.

"Ada banyak hal yang terjadi di bawah rambut, seperti ujung saraf, pembuluh darah, serta kelenjar minyak.”

Sayangnya, tidak ada perbaikan yang dapat dilakukan setelah Anda merasakan "rambut sakit". Anda hanya harus meninggalkan ikatan atau tatanan rambut jenis apapun yang membuat rambut terasa sakit.

Bila hal ini dibiarkan, dalam kasus yang parah, dapat menimbulkan masalah kulit kepala secara kesuluruhan, kata Dr. Shani Francis, spesialis rambut rontok di daerah Chicago.

“Peradangan yang dibiarkan berkelanjutan bisa berubah menjadi apa yang disebut sebagai alopecia traksi atau penyakit kulit kepala yang ditandai dengan kerontokan parah,” lanjut Francis.

Jadi, apa yang bisa dilakukan agar rambut dan bagian-bagiannya kembali sehat? Cobalah untuk lebih banyak menggerai rambut Anda, atau mengganti letak ikatan ekor kuda atau jepitan agar tak hanya satu bagian rambut yang terus tertarik.

Bila memungkinkan, tata rambut dengan gaya ikatan kuat hanya untuk acara-acara khusus.

Baik Paradi dan Francis, yang keduanya merupakan dermatologists bersertifikat dari American Academy of Dermatology mengatakan, banyak pasien mereka yang menderita kerontokan rambut parah akibat sering mengabaikan sensasi “rambut sakit”.

Jadi jika Anda merasa rambut sakit setelah mengikat rambut dengan kuat, menjepitnya, atau menatanya dengan gaya apapun, hondari gaya tersebut setidaknya 1 minggu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MSN.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com