Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/02/2017, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Disadari atau tidak, namun setiap kali kita mencoba "melakukan semuanya" kita justru lebih sering sakit. Ini salah satunya karena waktu tidur kerap kali dikorbankan.

Kurang tidur terbukti menjadi salah satu faktor sistem imun lemah. Akibatnya, penyakit pun lebih mudah menyerang.

Penelitian untuk membuktikan hal tersebut dilakukan dengan melibatkan 11 pasang orang dewasa kembar, mayoritas wanita. Masing-masing pasangan kembar memiliki rutinitas tidur yang berbeda.

Kembar yang sering kurang tidur ternyata memiliki daya tahan tubuh lebih lemah.

Penelitian sebelumnya juga mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidur lebih gampang tertular virus flu. Tidur sama pentingnya dengan pola makan dan olahraga untuk kesehatan.

"Tidur sangat penting untuk meregenerasi dan produksi protein untuk sel-sel imun. Hal ini akan membantu sistem imun berfungsi optimal," kata Dr.Nathaniel Watson, profesor neurologi yang melakukan studi ini.

Walau pun para ahli merekomendasikan kita untuk tidur 7-8 jam setiap malam, tapi rata-rata orang tidur kurang dari 6 jam di malam hari. Studi di Amerika juga menunjukkan, durasi tidur masyarakat berkurang 1,5-2 jam dibanding satu abad lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WEBMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com