Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumor Berisi Otak Ditemukan pada Gadis Berumur 16 Tahun

Kompas.com - 09/01/2017, 19:52 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah tumor ditemukan di dalam ovarium seorang gadis berumur 16 tahun di Jepang. Berbeda dengan tumor umumnya, tumor itu punya isi. Yang mengejutkan, isinya adalah otak!

Otak mini - berukuran kurang lebih 3 cm - dalam tumor diketahui setelah Masayuki Shintaku di Shiga Medical Centre for Adults di Jepang menyayat tumor yang ditemukannya.

Saat menyayat, ia menemukan gumpalan yang lengket dan berminyak. Setelah dianalisis, gumpalan itu mirip dengan cerebellum, bagian otak kecil.

Shintaku mengatakan, seperlima tumor ovarium memang bisa berisi jaringan asing, seperti gigi, rambut, lemak, dan otot. Tumor yang punya isi itu biasa disebut teratoma.

Jaringan otak kerap ditemukan di tumor ovarium. "Tapi struktur menyerupai otak dewasa jarang ditemukan," kata Angelique Riepsamen dari Universoty of New South Wales, Australia, yang tak terlibat penelitian.

Gadis si empunya tumor tak merasakan gangguan apapun akibat otak mini di ovarium itu. Namun, sejumlah laporan menyebutkan bahwa teratoma bisa mengakibatkan gangguan psikologis.

Diberitakan New Scientist, Jumat (6/1/2016), orang yang memiliki teratoma bisa mengalami perubahan kepribadian, kecemasan, kebingungan, hingga lupa ingatan.

Gangguan bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh mengenali teratoma sebagai benda asing yang mengancam. Gangguan bisa sembuh jika tumor diangkat. Dalam kasus gadis 16 tahun ini, tumor berhasil diangkat tanpa masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com