Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2017, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan rasa sakit dan nyeri bukan pertanda adanya sesuatu yang serius, tetapi ada gejala tertentu yang sebaiknya segera diperiksakan pada dokter. Pergilah meminta bantuan dokter jika Anda merasakan salah satu dari hal-hal ini:

1. Lemah tangan dan kaki

Jika merasakan tangan, kaki dan wajah, terutama separuh tubuh menjadi lemah atau mati rasa, atau perasaan yang sama di kaki atau wajah, itu bisa menjadi tanda stroke.

Mungkin juga Anda mengalami stroke jika Anda tidak dapat menjaga keseimbangan, merasa pusing, atau memiliki kesulitan berjalan.

2. Nyeri Dada

"Setiap nyeri dada, terutama yang disertai dengan berkeringat, sesak napas, atau mual, harus dievaluasi oleh seorang profesional medis segera," kata Shilpi Agarwal, MD, dengan One Medical Group di Washington, DC.

Nyeri dada atau dada merasa tertekan bisa menjadi tanda penyakit jantung atau serangan jantung, terutama jika terjadi setelah Anda beraktivitas fisik.

3. Nyeri di belakang kaki bagian bawah

Ini bisa menjadi gejala dari pembekuan darah di kaki yang biasa disebut deep vein thrombosis, atau DVT. Hal ini dapat terjadi setelah Anda duduk untuk waktu yang lama.

Jika yang terjadi ternyata adalah penggumpalan darah, Anda mungkin merasa sakit terutama ketika berdiri atau berjalan.

Sebenarnya, nyeri kaki adalah hal yang normal setelah Anda beraktivitas fisik, misalnya setelah berolahraga. Tetapi, jika Anda juga melihat adanya tanda kemerahan dan terasa panas disertai bengkak dan nyeri di belakang kaki bagian bawah, sebaiknya segera hubungi dokter.

4. Darah di urin

Ada beberapa hal dapat menyebabkan urin Anda mengandung darah. Jika darah dalam urin disertai rasa sakit di bagian samping tubuh atau di punggung, kemungkinan Anda memiliki batu ginjal.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbuat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal. Beberapa batu ukuran kecil bisa keluar melalui urin. Tapi, jika batu membesar maka Anda perlu bantuan dokter untuk mengeluarkannya.

5. Mengi

Halaman:
Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com