Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orangtua Perlu Luangkan Waktu Menemani Anak Nonton TV

Kompas.com - 06/01/2017, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Anak-anak mungkin akan betah dan anteng di depan televisi menonton siaran kesukaannya. Namun, orangtua tetap perlu mendampingi buah hatinya saat menonton televisi.

Kehadiran orangtua bukan hanya membantu menerangkan makna tayangan yang sedang ditonton di TV, tapi juga berpengaruh positif pada kepercayaan diri anak.

Menurut hasil penelitian tim dari Universitas Texas, saat keluarga menonton televisi bersama-sama, anak-anak mendapatkan banyak positif dari kegiatan itu. Anak akan merasa bahagia jika orangtua juga tertarik dengan tayangan favoritnya.

Anak-anak juga diketahui belajar lebih banyak saat orangtua mendampingi mereka nonton TV. Keterlibatan orangtua dalam aktivitas anak-anak berarti banyak bagi mereka.

"Jika orangtua menonton dengan anak-anaknya, anak akan belajar banyak hal, apakah itu soal kekerasan, seks, bahasa, dan sebagainya. Orangtua seharusnya lebih menyadari pengaruh kehadirannya," kata Eric Rasmussen yang melakukan penelitian ini.

Tentu saja orangtua perlu menjawab pertanyaan anak dan mengajak diskusi tentang isi tayangan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com