Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2017, 15:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Asma dapat membuat gejala flu semakin parah. "Orang-orang dengan asma telah memiliki saluran pernapasan yang sensitif, sehingga virus seperti virus flu dapat memicu batuk yang lebih parah, mengi dan sesak napas," kata Sumita Khatri, MD, direktur pusat asma di Cleveland Clinic. Berikut ini cara untuk mengatasi komplikasi keduanya.

1. Dapatkan vaksinasi flu

Setiap orang dengan asma harus mendapatkan vaksinasi flu sebelum musim flu dimulai. "Vaksin flu mengurangi risiko flu hingga sekitar 60 persen. Ini penting karena virus flu bisa memicu serangan asma," kata Jonathan Bernstein, MD, seorang profesor alergi dan asma di Universitas Cincinnati Academic Health Center .

2. Tak perlu vaksin FluMist

Vaksinasi flu yang disuntikkan berisi virus yang telah dimatikan. Tetapi FluMist, yang diberikan sebagai obat semprot hidung, berisi virus hidup yang dilemahkan. Orang dengan asma harus menghindari virus hidup yang dilemahkan.

"Virus hidup tidak dianjurkan untuk orang tua, anak muda, atau siapapun yang menderita asma," kata Dr Bernstein.

3. Tanyakan kepada dokter tentang Pneumokokus

Bakteri pneumokokus adalah bakteri penyebab pneumonia dan pneumonia adalah salah satu bentuk komplikasi dari virus flu.

"Orang-orang dengan asma memiliki risiko lebih tinggi terkena pneumonia sebagai akibat dari komplikasi flu," kata Dr Khatri.

Anda bisa mendapatkan vaksin pneumonia pada saat yang sama Anda mendapatkan vaksinasi flu. Namun, tidak seperti vaksin flu yang diberikan tahunan, vaksin pneumonia hanya perlu dilakukan satu kali di masa dewasa.

4. Pastikan asma Anda terkontrol dengan baik

Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari komplikasi asma dan flu adalah dengan memastikan bahwa asma Anda terkontrol dengan baik.

"Meski Anda sudah mendapatkan vaksin flu, Anda masih bisa menderita flu. Selain itu, ada banyak virus pernapasan lainnya yang dapat memicu serangan asma," kata Bernstein.

"Jika asma Anda terkendali dengan baik, dampak dari infeksi flu cenderung tak terlalu parah."

5. Ketahui musuh Anda

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com