Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2016, 15:11 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Tersenyum merupakan cara sederhana untuk mengatasi banyak hal. Memberikan senyuman tak perlu menunggu rasa senang di hati.

Tersenyum, bahkan jika dipaksa sekalipun ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat tersenyum seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Menularkan aura positif
Tersenyum itu menular. Lebih tepatnya menularkan aura positif kepada orang-orang di sekitarnya. Ketika melihat seseorang tersenyum, kebanyakan orang secara spontan akan membalas senyuman itu.

Penelitian menunjukkan, melihat orang tersenyum dapat mengaktifkan area otak yang mengontrol gerakan wajah dan akhirnya membuat seseorang ikut tersenyum.

2. Meredakan stres
Saat stres, rasanya memang sulit sekali untuk tersenyum. Tetapi, cobalah melakukannya sambil memikirkan hal-hal yang positif.

Tersenyum membantu pelepasan hormon endorfin yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia. Dengan tersenyum, akan terasa lebih tenang dan rileks.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Tersenyum bisa membuat suasana hati lebih baik dan berdampak pada peningkatan kekebalan tubuh. Itulah mengapa, seseorang yang sedang menjalani pengobatan tidak dibiarkan terus merasa sedih.

Dengan menghibur orang yang sedang sakit, membuat mereka tertawa, jumlah sel darah untuk melawan penyakit akan meningkat. Pengobatan menjadi lebih efektif karena kekebalan tubuhnya membaik.


Tersenyum dapat menstimulasi otak untuk berpikir positif. Dengan pikiran yang positif, otak dapat berpikir jernih dan akhirnya mampu mengerjakan tugas sehari-hari dengan baik. Hal ini berdampak baik untuk kesehatan otak

Tersenyum itu gratis dan mudah dilakukan. Jadi, sudahkah Anda senyum hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com