Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunyit, Obati Radang Sendi hingga Cegah Stres Pasca Trauma

Kompas.com - 22/11/2016, 09:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kunyit, jenis bumbu yang biasa digunakan untuk kari, telah terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan. Kunyit telah lama digunakan untuk mengobati radang sendi, sakit maag, masalah perut dan diare.

Baru-baru ini, para peneliti menemukan manfaat lain kunyit, yaitu untuk membantu menyembuhkan memori atau ingatan buruk yang terkait dengan gangguan stres pasca -trauma atau post traumatic stress disorder (PTSD ).

Dalam sebuah studi baru yang dipimpin oleh Glenne Schafe, seorang profesor psikologi di Hunter College, peneliti menemukan bahwa kurkumin, senyawa yang ditemukan dalam kunyit, dapat memerbaiki kenangan menakutkan yang terbentuk di otak setelah pengalaman traumatis.

"Kami menyaksikan bahwa tikus yang diberi makanan kaya kurkumin mengalami perbaikan terhadap gangguan yang diakibatkan ingatan rasa takut," kata Schafe.

"Kami juga melihat, tikus yang ada dalam fase pra-ketakutan, bisa kehilangan memori takutnya setelah makan makanan yang diperkaya kurkumin."

Di masa lalu, kurkumin telah diteliti dan terbukti diperiksa manfaatnya dalam mengobati multiple myeloma, kanker pankreas, sindrom myelodysplastic, kanker usus, psoriasis, arthritis, penyakit Alzheimer, bahkan depresi.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, kurkumin yang dikombinasikan dengan peptida antikanker lainnya, terbukti mampu memerangi mesothelioma, jenis kanker yang menyerang sel-sel mesothelium (lapisan pelindung di sekitar organ tubuh).

Selain itu, para peneliti juga telah meneliti efek kurkumin pada penyakit Alzheimer. Sebuah studi 2008 menyatakan bahwa kurkumin dapat mengurangi jumlah plak beta-amyloid, menunda degradasi neuron, logam-khelasi, bersifat anti-inflamasi, antioksidan dan mengurangi penurunan mikroglia.

Bahasa singkatnya, berkat kurkumin, pasien dengan penyakit Alzheimer, mengalami perbaikan memori secara signifikan.

Kembali ke manfaat kurkumin dalam mengobati PTSD dan gangguan psikologis lainnya, peneliti juga menemukan bahwa efek positif kurkumin dalam menghalau kenangan buruk, ternyata bersifat jangka panjang.

Bahkan, dapat mencegah kenangan buruk muncul kembali. Tentu saja, penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk memperkuat bukti-bukti di atas.

Para penulis menyimpulkan, bahwa temuan ini mungkin memiliki implikasi klinis yang penting untuk pengobatan gangguan mental seperti PTSD, yang ditandai dengan ingatan traumatis yang luar biasa kuat dan terus menerus muncul lagi dan lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com