Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Usia 6 Bulan Jangan Biarkan Bayi Terlalu Lama di "Car Seat"

Kompas.com - 14/11/2016, 09:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com -Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan, baiknya tidak berada di perjalanan panjang dengan car seat lebih dari satu jam.

Penelitian baru dari Bristol University menyarankan orangtua untuk tidak menempatkan bayi di car seat dalam waktu yang lama, karena berisiko membuat napas bayi sesak, BBC News melaporkan.

Para peneliti mengatakan, bahwa bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, belum memiliki otot yang cukup kuat di leher untuk menyeimbangkan dan menahan kepala saat mobil bergerak.

Bila kondisi tersebut dikombinasikan dengan getaran dari mobil, sehingga kepala bayi bergerak ke depan atau ke belakang karena tidak tertopang dengan baik, bisa berisiko menyebabkan bayi mati lemas.

Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan simulator untuk menirukan bayi yang duduk di car seat menghadap ke belakang. Kemudian peneliti mengukur detak jantung bayi serta kadar oksigen dalam darah.

Peneliti menemukan bahwa setelah satu jam duduk di kursi, oksigen dalam darah bayi menjadi turun dan detak jantung mereka meningkat. Hal tersebut menjadi tanda-tanda bayi tertekan dan mengalami kondisi tidak stabil.

Sementara produsen car seat mengatakan kalau bayi aman duduk di car seat selama 2 jam, para dokter di balik penelitian ini mengatakan, orangtua sebaiknya menempatkan bayi hanya untuk setengah jam dan menghindari perjalanan ekstra panjang.

Bila lebih dari 30 menit, peneliti menyarankan ada seseorang yang duduk di samping bayi untuk memantau napas dan kondisi bayi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com