Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 "Superfood" untuk Perbaiki Kulit Kering dan Pecah-pecah

Kompas.com - 11/11/2016, 11:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com — Cuaca panas, ruangan ber-AC, polusi udara, kurang minum, dan pemakaian produk perawatan kulit yang terlalu keras, semuanya bisa membuat kulit menjadi kering.

"Bahkan lebih buruk lagi, menjadi pecah dan bersisik," kata dokter kulit Lisa Donofrio, MD, dari American Academy of Dermatology.

Untuk menjaga kulit sehat dari dalam ke luar, Donofrio merekomendasikan Anda untuk menggabungkan produk perawatan luar yang tepat dengan makanan yang mengandung nutrisi untuk kulit. Misalnya, tomat yang melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar UV, sarden yang sarat dengan anti-inflamasi Omega-3, atau kale yang menyerap dan menetralkan radikal bebas.

Bagaimana bila kulit sudah menjerit-jerit minta tolong akibat kering, terkelupas, dan nyeri? Cobalah salah satu dari pelembab alami berikut ini, yang sudah terbukti ampuh menenangkan kulit yang superkering dan mengembalikan kelembabannya.

Susu dan madu

Menurut Donofrio, lemak dan asam laktat dalam susu bersifat menenangkan kulit yang teriritasi. Kompreslah kulit yang kering dengan kain bersih yang sudah direndam dalam susu dingin.

Boleh juga campur susu dengan madu secukupnya. Madu bersifat menarik dan mempertahankan kelembaban serta antibakteri dan antijamur.

Minyak kelapa

Selain sebagai pelembab alami, minyak kelapa, kata Donofrio, juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Cobalah gunakan minyak kelapa murni atau produk pelembab yang mengandung minyak kelapa untuk menenangkan kulit yang nyeri karena kering dan terkelupas.

Minyak zaitun

"Orang yang rutin minum minyak zaitun memiliki lebih sedikit tanda-tanda penuaan dibanding dengan yang tidak," kata Donofrio.

Minyak zaitun sarat akan polifenol, sejenis senyawa tanaman dengan bersifat antioksidan. Minyak zaitun juga berguna untuk mengembalikan kelembaban kulit yang kering karena berbagai sebab.

Kedelai

Dapat digunakan secara topikal atau dikonsumsi sebagai makanan atau minuman, kedelai mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah terhentinya produksi kolagen.

Teh hijau

Teh hijau dapat melindungi tubuh terhadap sinar UV, baik bila digunakan secara topikal maupun ketika diminum.

Krim yang mengandung ekstrak teh hijau organik diketahui mampu membantu menyembuhkan jerawat, kulit kering dan pecah-pecah, serta eksim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com