Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2016, 16:00 WIB

KOMPAS.com — Bau mulut pada pagi hari adalah sesuatu yang normal walau kondisi itu menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap seseorang yang ingin memberikan ciuman pagi.

Bau mulut terjadi karena bakteri di rongga mulut tidak bersih.

"Selama kita terjaga, air liur membantu memecah bakteri. Namun, saat tidur, mulut akan kering dan hanya ada sedikit saliva untuk menyingkirkan bakteri," kata Jonathan Robert, dokter gigi di New York.

Siapa pun bisa mengalami bau mulut karena setiap orang memiliki bakteri di mulutnya. Namun, sebagian orang napasnya menjadi sangat berbau karena adanya bakteri penghasil sulfur yang berkoloni di bagian atas lidah.

Bakteri ini menghasilkan bau yang lebih intens.

Konsumsi makanan yang menghasilkan bau mulut, seperti bawang putih atau petai, saat makan malam, juga membuat aroma mulut pada pagi hari menjadi kurang sedap.

Walau kita sudah rajin membersihkan gigi, tetapi untuk mengurangi bau mulut, bersihkan pula bagian lidah.

"Pembersih lidah sangat membantu untuk mencegah bau mulut," kata Robert.

Jika membersihkan lidah secara teratur tidak menghilangkan bau mulut Anda, konsultasikan kepada dokter tentang produk obat kumur yang bisa membunuh bakteri penghasil sulfur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com