Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Terbaru NASA Ungkap Wajah Mars yang Tak Pernah Dilihat Sebelumnya

Kompas.com - 18/10/2016, 17:36 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Citra yang diambil wahana Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) menunjukkan wajah Mars yang tak pernah dilihat sebelumnya.

Dalam citra tersebut, Mars terlihat kekuningan, bukan merah seperti biasanya. Hal itu karena MAVEN mengambilnya dengan kamera Imaging Ultraviolet Spectograph yang berbasis sinar UV.

Wajah Mars yang berbeda itu mengungkap fenomena yang membuat Mars tetap terlihat berkilau kala malam. Fenomena itu disebut nightglow.

Nightglow dipicu oleh sinar ultraviolet dari matahari saat siang yang memecah molekul gas karbon dioksida dan nitrogen.

Atom hasil pemecahan molekul itu dibawa angin mengelilingi mars. Malamnya, atom itu turun ke lapisan atmosfer yang lebih rendah, membentuk molekul nitrogen oksida (NO). Energi dari proses itu menjelma jadi cahaya UV.

Fenomena nightglow sebenarnya terjadi di semua planet. MAVEN adalah wahana antariksa pertama yang berhasil merekam fenomena itu di Mars.

Selain nightglow, MAVEN juga mendokumentasikan fenomena pembentukan awan di gunung raksasa mars serta lapisan ozon di kutub planet tersebut.

"Orbit MAVEN bisa dibilang sangat pas," kata Justin Deighan dari University of Colorado yang mempimpin observasi dengan MAVEN.

"MAVEN cukup tinggi untuk mengambil citra global tapi mengobrit cepat sehingga bisa mengambil sejumlah wajah mars dari hari ke hari," imbuhnya.

Wahana MAVEN diluncurkan sejak 18 November 2013, bertugas mempelajari atmosfer mars. Dengan MAVEN, ilmuwan berharap menemukan kemungkinan mars mendukung kehidupan pada masa lalu dan saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com