Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rosetta Dinyatakan "Mati" Setelah Terjun "Bunuh Diri" ke Permukaan Komet

Kompas.com - 30/09/2016, 19:29 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Rosetta dinyatakan "mati" setelah melakukan misi "bunuh diri" terjun ke permukaan komet yang dikelilinginya, 67P/Churyumov-Gerasimenko.

Konfirmasi kematian wahana milik Badan Antariksa Eropa (ESA) itu diperoleh setelah pengumuman resmi dari tim kontrol misi di European Space Operations Center di Darmstadt, Jerman, Jumat (30/9/2016) petang.

Tim menyatakan "kematian" Rosetta begitu layar di pusat kontrol misi menampilkan hilangnya sinyal. Konfirmasi diterima sekitar pukul 18.19 WIB.

Dengan terjunnya Rosetta ke permukaan komet berbentuk bebek itu, berakhir pula misi pertama mengungkap rahasia komet.

Patrick Martin, pimpinan misi Rosetta lewat siaran langsung di situs web ESA, mengatakan, "Saya menyatakan kesuksesan misi ini. Kesuksesan ini adalah hasil usaha ilmiah besar."

Ia mengatakan, mengirim wahana ke komet dengan 12 tahun perjalanan di ruang angkasa adalah tantangan besar. Ia berharap, misi ini mampu menginspirasi dan memperkaya pemahaman tentang tata surya.

Rosetta diluncurkan pada 2 Maret 2004 bersama wahana rekannya, Philae. Keduanya diutus menyelidiki komet kecil yang diduga menyimpan rahasia tentang pembentukan tata surya dan kaitannya dengan kehidupan di bumi.

Sebelum mencapai orbit 67P/CG pada 6 Agustus 2014, Rosetta sempat melintas dekat Jupiter dan menghasilkan memotret pemandangan menarik.

November 2014, Rosetta berpisah dengan Philae. Rosetta mengirim robot pendarat berukuran 1 meter itu ke permukaan komet.

Pendaratan sukses, tetapi sayang, Philae mendarat di tempat yang tak tepat sehingga tak bisa memperoleh sinar matahari dan akhirnya kehabisan energi. Meski begitu, Philae berhasil mengungkap adanya zat organik di komet.

Misi Rosetta dan Philae sempat akan diperpanjang. Namun, mengingat komet 67P/CG sudah semakin mendekati Matahari, tim peneliti merasa perpanjangan takkan terlalu berguna.

Matt Taylor dari ESA mengungkapkan, meski Rosetta ditidurkan untuk menunggu komet 67/CG kembali ke bagian dalam tata surya, tak ada garansi wahana itu akan berfungsi normal. Akhirnya, ilmuwan memutuskan mengakhiri misi.

Rosetta telah berhasil mengungkap struktur, kimia, dan perilaku komet. Wahana itu juga telah mengantarkan manusia mencetak rekor baru, mendaratkan wahana untuk pertama kali di permukaan komet.

Data-data dari misi Rosetta akan menyibukkan para ilmuwan setidaknya dalam 10 tahun ke depan. Akhir Rosetta adalah awal baru mengungkap rahasia komet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com