Dinosaurus Baru Ditemukan, Kepalanya Punya "Pedang Bengkok"

Kompas.com - 03/06/2016, 08:00 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Spesies dinosaurus baru telah ditemukan di bagian selatan Utah Amerika Serikat.

Fossil dinosaurus tersebut ditemukan oleh tim peneliti internasional yang melakukan survey paleontologi dan geologi di Grand Staircase-Escalante National Monument of Southern Utah.

Spesies itu dinamai Machairoceratops cronusi.

Jenis itu memiliki tanduk dan diperkirakan memiliki panjang hingga 26 kaki dan berat 2 ton. Ciri lain, dinosaurus itu merupakan jenis pemakan tumbuhan atau herbivora.

Dengan aksesoris tanduknya, dinosaurus tersebut seperti memiliki pedang bengkok di kepalanya.

Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE pada Mei, dua tanduk dinosaurus itu memanjang memanjang mengitari pusat tanduknya sehingga sedikit mengubah kerangka penutup otaknya.

Patrick O’Connor, Professor Anatomical Sciences Heritage College of Osteopathic Medicine mengatakan, bagian pertama dari spesimen ditemukan pada tahun 2006.

Penggalian baru dilakukan pada tahun 2007 dan 2009. Setelah itu, proses persiapan di laboratorium membutuhkan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya bisa publikasikan.

Penemuan fosil ini merupakan kabar gembira bagi dunia ilmu pengetahuan.

Fossil ini bahkan berhasil ditemukan di area Amerika Utara yang selama 150 tahun terakhir menjadi lokasi penelitian dan menghasilkan temuan-temuan berharga.

“Kita masih menemukan spesies baru yang bisa dipelajari ditempat tersebut dan hal ini merupakan bagian penting untuk memahami sejarah dunia,” tambah Patrick seperti dikutip Huffington Post, pertengahan Mei lalu

M. cronusi merupakan satu dari dua dinosaurus bertanduk yang di publikasikan pada jurnal tersebut.

Fossil lainnya ditemukan di daerah Montana 10 tahun yang lalu oleh kolektor fosil amatir yang kemudian teridentifikasi yang memiliki nama ilmiah Spiclypeus shipporum.