Ternyata Sebagian Besar Kanguru Kidal

Kompas.com - 19/06/2015, 21:01 WIB

KOMPAS.com — Kanguru liar cenderung menggunakan tangan kiri mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari, seperti merawat diri dan makan, menurut hasil penelitian sekelompok ilmuwan Australia.

Dari pengamatan di alam liar, para peneliti mengatakan, dua spesies kanguru dan satu walabi beraktivitas dengan tangan kiri. Namun, beberapa marsupial berkaki empat lain tidak menunjukkan kecenderungan serupa.

Para ilmuwan mengatakan, ini adalah bukti pertama terlihatnya penggunaan tangan yang dominan pada sebuah populasi spesies selain manusia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology itu dilakukan oleh sejumlah ilmuwan Rusia dari St Petersburg State University, yang melakukan penelitian lapangan di Australia.

Di sana, mereka bekerja sama dengan Janeane Ingram, seorang ahli ekologi satwa liar dan mahasiswa doktoral di University of Tasmania.

Ingram mengatakan, kerja mereka itu telah ditanggapi dengan skeptisisme.

"Sayangnya, bahkan rekan-rekan saya berpikir bahwa mempelajari kekidalan pada keluarga macropods tidak penting, tetapi setiap studi yang membuktikan pemilihan tangan pada spesies yang berjalan dengan dua kaki berkontribusi terhadap pembelajaran simetri otak dan evolusi mamalia," katanya.

Penulis senior Dr Yegor Malashichev mengatakan, terdapat "anggapan umum" bahwa preferensi penggunaan salah satu tangan adalah fenomena unik yang hanya terjadi pada manusia, sampai penelitian 10-20 tahun terakhir menunjukkan bahwa asimetri pada perilaku dan struktur otak ternyata terlihat pada spesies lain.

Namun, pemilihan tangan kanan atau kiri cenderung spesifik pada perilaku tertentu dan tidak tampak konsisten di sebuah populasi.

Para peneliti juga berpendapat bahwa postur merupakan faktor penting. Kecenderungan kidal hanya terlihat pada spesies yang berdiri tegak dengan kaki belakang mereka, yang menggunakan lengan depan mereka untuk hal-hal lain selain untuk berjalan.

Demikian pula, lanjut mereka, transisi untuk menegakkan postur mungkin merupakan faktor kunci bagi primata hingga akhirnya memiliki kecenderungan tangan.

Masih harus dilihat apakah ada aspek-aspek tertentu pada otak marsupial yang memungkinkan mereka memilih menggunakan tangan kiri atau kanan, dan apakah mereka dapat menjelaskan mengapa kanguru berbeda dengan sebagian besar spesies manusia yang cenderung menggunakan tangan kanan.