Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cicipi "Wine" 10 Menit, Enamel Gigi Berpotensi Melunak

Kompas.com - 25/03/2015, 18:28 WIB

KOMPAS.com - Penelitian yang dilakukan di Universitas Adelaide telah mengungkapkan, tingkat keasaman dalam minuman anggur atau ‘wine’ bisa menyebabkan kerusakan gigi.

Sebuah studi menunjukkan, mencicipi minuman ‘wine’ selama 10 menit bisa menimbulkan pelunakan enamel gigi.

Dosen senior di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Adelaide, Dr Sarbin Ranjitkar, mengatakan, tingkat asam yang ditemukan dalam minuman anggur sama dengan yang ada di jus jeruk.

"Jika asam anggur berkontak langsung dengan struktur gigi, ia melarutkan gigi. Ini tak terjadi pada semua individu, tetapi ketika gigi mencoba bertahan, mekanisme pelindung gigi menjadi turun, asam dari minuman wine bisa merusak," kemukanya.

Dr Sarbin mengatakan, mereka yang suka mencicipi minuman anggur, berlawanan dengan mereka yang minum wine secara reguler, adalah kelompok paling berisiko mengalami kerusakan gigi, karena frekuensi anggur berputar-putar di mulut mereka.

"Untuk seorang peminum reguler, beberapa tegukan biasanya tak menjadi masalah. Untuk mereka yang mencicipi anggur secara profesional, kami memiliki satu pedoman tentang bagaimana merawat gigi mereka,” ungkapnya.

Ia menyambung, "Kami fokus pada upaya menempatkan lapisan pelindung gigi dengan menggunakan apa yang disebut ‘agen pemadatan’ dalam bentuk kalsium fosfat dan fluorida."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com