Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liyangan Berulang Kali Diterjang Erupsi Gunung Api

Kompas.com - 24/11/2014, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Bukti arkeologi memberi indikasi bahwa Liyangan tidak hanya digempur bencana sekali saja. Wilayah yang dulu dianggap "desa metropolitan" tersebut tumbuh runtuh secara berulang akibat erupsi gunung berapi.

Arkeolog yang memimpin proyek penelitian situs Liyangan, Sugeng Riyanto, mengungkapkan, bukti Liyangan diserang amukan gunung berapi lebih dari sekali bisa dilihat pada salah satu candi di kompleks situs Liyangan.

"Candinya didirikan di atas batuan hasil letusan gunung. Jadi batu itu tidak dipindahkan, langsung dipakai sebagai fondasi," ungkap Sugeng saat ditemui di sela proses ekskavasi pada Minggu (23/11/2014).

Candi yang dimaksud berada pada teras pertama kompleks situs Liyangan. Candi tersebut berbahan sepenuhnya batu dan diduga menjadi tempat persiapan bagi umat Hindu saat itu sebelum melakukan ibadah.

KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYAT Struktur jalan besar terbuat dari bebatuan di Situs Liyangan, kaki Gunung Sindoro, Desa Purbosari, Ngadirejo, Temanggung, Jateng, Sabtu (22/11/2014). Ekskavasi lanjutan dari Balai Arkeologi Yogyakarta di situs ini mengungkap temuan baru yaitu permukiman kuno yang diperkirakan berasal dari abad ke-6.

Selama ini, para arkeolog menduga bahwa erupsi yang mengakibatkan runtuhnya peradaban kampung Liyangan adalah letusan Gunung Sindoro yang diperkirakan terjadi antara abad ke-9 dan 10.

Adanya candi yang berdiri di atas material vulkanik membuka kemungkinan adanya erupsi yang menerjang kawasan Liyangan sebelum masa antara abad ke-9 dan 10. Waktunya belum diketahui.

Keberadaan candi itu juga membuka kemungkinan adanya peradaban di Liyangan sebelum peradaban yang runtuh akibat erupsi sekitar satu milenium lalu. "Tapi kita belum menemukannya," kata Sugeng.

Liyangan terletak pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, 7 kilometer dari puncak Gunung Sindoro. Berdasarkan pemetaan, Liyangan memang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) 2 Gunung Sindoro.

Situs Liyangan mulai ditemukan pada tahun 2008 lewat aktivitas penambangan pasir. Setelahnya, penggalian mulai dilakukan secara intensif. Prediksi terbaru, wilayah situs Liyangan memiliki luas hingga 10 hektar.

Candi yang berdiri di atas material vulkanik hanyalah salah satu candi di Liyangan. Kompleks Liyangan punya tiga teras bangunan. Pada teras kedua, terdapat dua batur sementara pada teras ketiga terdapat 1 bangunan candi utama dan 5 batur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com