Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan 34 Motif Lukisan di Dinding Goa Harimau

Kompas.com - 29/05/2014, 09:57 WIB
Aloysius Budi Kurniawan

Penulis


OGAN KOMERING ULU, KOMPAS.com - Hingga ekskavasi terakhir bulan Mei ini, Tim Penelitian Goa Harimau menemukan 34 motif lukisan di dinding Goa Harimau, Desa Padang Bindu, Semidang Aji, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Diduga kuat, keberadaan lukisan-lukisantersebut merupakan bagian dari ritual penguburan di goa tersebut.            

“Kami menduga lukisan-lukisan ini adalah bagian dari ritual penguburan di goa ini. Di lantai goa ini kami telah mengekskavasi 78 kerangka individu homo sapiens,” kata Ketua Tim Penelitian Goa Harimau dari Pusat Arkeologi Nasional Adhi Agus Oktaviana, di Ogan Komering Ulu, Kamis (29/5/2014).           

Lukisan dinding Goa Harimau sebagian besar didominasi warna merah dengan motif duri ikan, motif lingkaran, motif kotak-kotak dan zig zag serta guratan-guratan tak beraturan yang sudah mulai pudar warnanya.

“Di goa ini kami hanya menemukan motif yang pada umumnya berbentuk geometris saja. Kemungkinan besar lukisan-lukisan ini berfungsi sebagai alat penanda ritual penguburan yang berlangsung berkali-kali. Yang menarik, selama ini tak pernah ditemukan lukisan dinding goa di Sumatera,” kata Adhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com