Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mars Diduga Pernah Mengalami Banjir

Kompas.com - 14/04/2014, 07:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com -- Mars bukan cuma pernah memiliki air, melainkan juga pernah mengalami banjir.

Badan Antariksa Eropa (ESA) menduga hal tersebut setelah melihat citra wilayah Mars bernama Osuga Valles yang dipotret oleh wahana antariksa Mars Express pada 7 Desember 2013.

Osuga Valles adalah lembah bagian dari jurang Vallis Marineris. Lembah itu membentang sepanjang 164 km.

"Banjir yang katastrofik diduga membentuk Osuga Valles yang mengalami erosi parah dan fitur di dalamnya," demikian dinyatakan ESA.

Berdasarkan alur pada citra hasil tangkapan Mars Express yang sempit dan bercabang serta polanya, ESA memperkirakan arah arus dan kecepatan banjir saat itu.

"Alur di sekitar wilayah serupa kepulauan itu mengindikasikan bahwa arah aliran menuju timur laut," demikian keterangan ESA dalam situs webnya.

"Saluran yang sempit dan bercabang menunjukkan bahwa air pada masa itu bergerak cepat," imbuh ESA di situs webnya, Kamis (10/4/2014).

Mencermati lebih detail citra Mars Express, ESA menduga bahwa adanya pertemuan antar-saluran menunjukkan bahwa wilayah Mars itu mengalami beberapa kali banjir.

Air yang membanjiri wilayah Osuga Valles diduga mengalir dari bagian utara (atas pada gambar) lalu memencar ketika bergerak semakin ke selatan.

Air terus mengalir dan mengerosi wilayah paling selatan (bawah pada gambar). Sampai di wilayah paling selatan, belum bisa diduga apakah air itu mengalir ke perairan bawah permukaan atau danau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com