Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gel Inovatif Berprospek Mencegah Infeksi HIV pada Manusia

Kompas.com - 14/03/2014, 23:04 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Ilmuwan menemukan bahwa gel yang dilengkapi dengan zat anti-retroviral bisa mencegah infeksi virus sejenis HIV pada monyet. Gel inovatif itu berprospek untuk digunakan pada manusia guna mencegah infeksi HIV.

Seperti diberitakan New York Times, Rabu (12/3/2014), gel itu memiliki kelebihan karena bisa mencegah individu terinfeksi HIV hingga tiga jam setelah hubungan seksual yang tidak aman. Gel ini bermanfaat, misalnya, bagi para korban perkosaan.

Ilmuwan melakukan uji coba terhadap 12 monyet. Sejumlah enam monyet diberi gel ini setelah tindakan menginfeksinya dengan HIV, sementara yang lainnya tidak. Ilmuwan menemukan bahwa infeksi memang bisa ditekan pada monyet yang diberi gel.

Gel yang diberikan pada monyet mengandung ralteglavir, jenis anti-retroviral yang telah digunakan untuk menangani pasien dengan HIV, disetujui penggunaannya oleh Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat.

Hasil penelitian mengungkap, pada monyet yang diberi gel tiga jam setelah kontak dengan HIV, hanya lima dari enam individu yang terinfeksi. Pada grup lain, semuanya terinfeksi. Dalam eksperimen berbeda dengan tiga individu monyet yang diberi gel 30 menit sebelum kontak dengan HIV, hanya satu yang terinfeksi.

Walid Heneine dari Centers for Disease Control and Prevention yang memimpin studi mengatakan, ia tidak tahu mengapa masih ada yang terinfeksi. "Kami bertanya-tanya bagaimana dua individu bisa terinfeksi, tetapi kami tak akan bisa menemukan alasannya."

Meski demikian, Robert M Grant, pakar AIDS dari University of California, mengatakan bahwa hasil studi ini mengagumkan dan seharusnya mendorong peneliti untuk segera mengujikannya terhadap manusia. Namun, ia mengatakan, ada tantangan etis untuk melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com