Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Sepanjang Hari Ini, Apa Biangnya?

Kompas.com - 12/01/2014, 20:18 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Hujan mengguyur wilayah Jakarta dan Jawa bagian barat sepanjang hari pada Minggu (12/1/2014). Seperti biasa, hujan membuat sejumlah wilayah, misalnya di Kampung Pulo dan Pondok Indah, Jakarta, tergenang.

Sebelumnya, sempat diprediksi bahwa curah hujan di bagian barat Jawa akan kurang sepanjang Januari ini. Namun, mengapa Minggu hari ini hujan mengguyur deras dan berdurasi lama? Apa sebabnya?

Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Edvin Aldrian, saat dihubungi Kompas.com, mengungkapkan, "Ini karena ada pusaran (pusat tekanan rendah) di barat daya Jawa yang pecah kemarin (Sabtu, 11 Januari 2014)."

Pusaran di bagian barat daya Jawa tersebut pada hari-hari sebelumnya menarik uap air sehingga wilayah Jawa bagian barat dan sekitar pusaran cenderung kering. Karena pusaran itu pecah, tak ada lagi yang menarik uap air. "Akibatnya hujan maksimum," kata Edvin.

Pecahnya pusaran itu bisa terkait dengan berbagai macam hal. Dua faktor yang memengaruhi antara lain aktivitas konveksi di laut dan suhu. Bila dua faktor itu sudah tidak memungkinkan pertumbuhan pusaran, pusaran akan pecah.

"Pusaran di barat daya Jawa memang biasanya tidak berumur lama. Tidak pernah tumbuh menjadi siklon. Yang kemarin kita ramalkan akan tumbuh menjadi siklon adalah pusaran yang ada di selatan NTB," jelas Edvin.

Hingga Senin (13/1/2013), berdasarkan prakiraan terkini BMKG yang diperbarui pukul 17.34 hari ini, hujan masih akan mengguyur wilayah Jabodetabek serta Jawa bagian barat dengan intensitas ringan hingga lebat.

Hujan lebat di antaranya diperkirakan akan terjadi di Bogor pagi hari. Sementara, hujan sedang berpotensi terjadi di Depok, Tangerang, dan Jakarta Utara sepanjang hari. Wilayah Banten dan Jawa Barat diprediksi mengalami hujan ringan hingga sedang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com