Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalkan, Inilah Kawah John Lennon

Kompas.com - 22/12/2013, 21:26 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Sebuah kawah di Planet Merkurius dinamai dengan nama musisi ternama anggota grup band The Beatles, John Lennon.

Nama John Lennon diabadikan sebagai nama kawah di planet itu selain 9 orang kreatif lainnya, antara lain penulis Truman Capote dan pematung Alexander Calder.

International Astronomical Union (IAU), badan yang bertanggung jawab dalam penamaan benda-benda langit, menyetujui penamaan tersebut pada minggu ini.

Penamaan kawah dengan nama John lennon diusulkan oleh tim ilmuwan wahana antariksa Messenger milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Pengusulan nama John Lennon dan orang kreatif lain sesuai standar IAU. Menurut IAU, kawah Merkurius harus didasarkan pada nama orang kreatif.

Spesifiknya, kawah Merkurius dinamai berdasarkan nama artis atau nama kreatif lain yang punya kontribusi luar biasa dan fundamental serta diakui perannya selama lebih dari 50 tahun.

Pedoman penamaan benda langit oleh IAU telah dibuat sejak 1919 dan diberlakukan dengan tegas. Satelit Pluto misalnya, dinamai dengan nama dewa yang berasosiasi dengan underworld.

Messenger adalah wahana penelitian milik NASA yang diluncurkan sejak tahun 2004 dan sampai di orbit Merkurius pada tahun 2011.

"Kami bangga bahwa 8 dari 10 individu yang diabadikan membuat banyak kontribusi artistik pada abad ke-20, sama dengan abad di mana misi Messenger digagas, diusulkan, dan disetujui," kata Sean Solomon dari Columbia University seperti dikutip Space, Jumat (20/12/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com