Lihat, Apakah Benar Ini Wujud Iguana di Mars?

Kompas.com - 10/11/2013, 15:03 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Seorang pria mengklaim telah menemukan fosil iguana di Mars setelah menganalisis foto hasil jepretan wahana antariksa Curiosity milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat.

Scott Waring, pria tersebut, mengunggah analisis beserta foto iguana yang ditemukannya dalam situs web UFO Sighting Daily, Rabu (6/11/2013).

Ada enam hal yang membuat Waring yakin bahwa wujud yang dijumpainya dalam foto NASA adalah iguana. Alasan pertama, hingga kini telah banyak citra serupa hewan yang dujumpai dalam foto Mars. Jumlahnya hingga kini sekitar 10 - 15 buah.

Alasan kedua, bagian tubuh belakang wujud yang dijumpai Waring dalam foto NASA sangat mirip dengan iguana.

Ketiga, ia melihat kemiripan lain pada wujud yang terpotret Curiosity itu. Wujud benda itu secara persis menggambarkan kulit bagian leher bawah iguana, mulut, lubang hidung, bahkan mata iguana.

Keempat, menurut Waring, bila ada kehidupan di Mars, maka makhluk hidup itu harus kuat dan kecil.

Kelima, Waring mengklaim bahwa wujud iguana tersebut sedang melihat ke arah wahana antariksa Curiosity. Keenam, iguana tak meminum banyak air. Dengan kondisi Mars yang cuma punya sedikit air, iguana bisa bertahan hidup.

Waring menyatakan bahwa sebenarnya kehidupan ada di Mars. Namun, pihak Amerika Serikat berusaha menutupinya, tak ingin negara lain menemukannya.

Waring memang bukan orang pertama yang mengklaim menemukan hewan di Mars. Beberapa bulan lalu, ada pula klaim penemuan kadal di planet merah tersebut. Pertanyaannya, apakah memang benar foto menggambarkan iguana dan kadal?

Dalam banyak klaim penemuan wujud hewan di planet lain, wujud yang diklaim ternyata hanya merupakan batu biasa.

Ada fenomena psikologis yang disebut pareidolia, ketika seseorang cenderung mengaitkan obyek asing dengan yang sudah dikenal. Padahal, kadang obyek yang dimaksud tak memiliki kemiripan. Bukan hanya wujud hewan yang diklaim ditemukan di Mars. Sebelumnya, ada pula klaim penemuan pahatan wajah Mahatma Gandhi di planet tersebut.