Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saksikan Gerhana Matahari "Hibrid" secara Langsung di Sini!

Kompas.com - 03/11/2013, 18:08 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com - Fenomena langka gerhana Matahari hibrid terjadi Minggu (3/11/2013). Meski tak bisa dilihat di Indonesia, warga Indonesia tetap bisa melihatnya secara online dan langsung lewat situs Slooh.com.

Gerhana Matahari hibrid akan dimulai pukul 18.05 WIB, memuncak pada pukul 19.46 WIB dan berakhir pada pukul 21.18 WIB. Di Slooh.com sendiri, pertunjukan gerhana akan dimulai sekitar 1 jam dari sejak berita ini diturunkan.

Diberitakan CBS hari ini, gerhana Matahari hirbid adalah gerhana Matahri tak biasa dimana gerhana Matahari total dan gerhana Matahari cincin terjadi pada satu waktu gerhana.

Gerhana Matahari hibrid terjadi karena lengkung permukaan Bumi yang memengaruhi jarak Bulan dengan Bumi. Di jarak yang lebih dekat, terjadi gerhana Matahari total sementara wilayah yang ada di jarak yang lebih jauh terjadi gerhana Matahari cincin.

Menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), gerhana Matahari hibrid kali ini berbeda dibanding biasanya. Bila biasanya gerhana Matahari hibrid dimulai dan diakhiri dengan gerhana Matahari cincin dengan gerhana Matahari total di tengahnya, kali ini gerhana dimulai dengan gerhana Matahari cincin dan diakhiri dengan gerhana Matahari total.

Wilayah yang bisa menyaksikan gerhana Matahari hibrid kali ini antara lain Amerika Utara, Timur Tengah, Afrika,  dan Somalia.

Wilayah Indonesia baru bisa menyaksikan gerhana pada 9 Maret 2016, berupa gerhana Matahari total. Gerhana Matahari hibrid sendiri setelah hari ini baru akan terjadi pada 20 April 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com