Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Angin Kencang dan Petir pada Masa Transisi Musim

Kompas.com - 29/10/2013, 14:29 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatoilkogi, dan Geofisika (BMKG) mengajak masyarakat untuk mewaspadai hujan deras disertai angin kencang dan petir sepanjang masa transisi musim kemarau ke hujan.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Prabowo, mengungkapkan bahwa wilayah yang wajib mewaspadai adalah yang sudah memasuki transisi musim kemarau ke hujan, diantaranya bagian utara barat Indonesia serta Jawa bagian barat.

Pada wilayah tersebut, hujan cenderung terjadi pada siang hingga sore hari. Hal itu terkait dengan pola pemanasan Matahari pada pagi hari yang meningkatkan intensitas pembentukan awan. Pada siang hari, awan terkumpul sehingga hujan turun.

"Hujan memang diperkirakan punya durasi singkat. Tapi hujan berpotensi deras dan disertai dengan angin kencang dan petir sehingga itu yang harus diwaspadai," kata Mulyono saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/10/2013).

Masyarakat diharapkan berhati-hati dalam berkendara di jalan, mewaspadai pohon tumbang dan jalanan yang licin serta selalu siap membawa perlengkapan yang dibutuhkan saat hujan. Hal lain adalah menjaga kesehatan.

Lebih rinci, Mulyono mengungkapkan bahwa wilayah yang sudah mengalami banyak hujan adalah bagian Sumatera seperti Aceh, Medan hingga Lampung. Untuk Jawa, wilayah yang sudah mengalami banyak hujan adalah bagian barat.

Di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur, kata Mulyono, hujan masih sedikit. Namun, wilayah timur bagian selatan, hujan sudah mulai terjadi sehingga petir dan angin kencang juga tetap perlu diwaspadai.

Untuk Selasa hari ini, Kepala Bidang Informasi Publik BMKG Achmad Zakir, mengungkapkan bahwa berdasarkan pantauan BMKG, hujan terjadi di wilayah Aceh, Medan, Palangkaraya, Jakarta, dan Jayapura.

Sementara, untuk hari ini dan Rabu (30/10/2013) besok, mayoritas wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan ringan. Wilayah yang masih diprediksi hanya cerah berawan hanyalah Nusa Tenggara Timur. Hujan sedang diantaranya terjadi di Jakarta, Serang, Bandung, Mataram, dan Palangkaraya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com