Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habis "Ditelan" Bulan, Venus Tampil Malam Ini Bersama Saturnus

Kompas.com - 09/09/2013, 15:28 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


KOMPAS.com — Malam ini, Venus akan kembali muncul di ufuk barat. Planet kedua terdekat dari Matahari itu akan tampil bersama dua benda langit lain, Bulan dan Saturnus.

Munculnya Venus malam ini menarik sebab tanpa bisa dilihat oleh pengamat di Indonesia, Venus sebenarnya baru saja "ditelan" oleh Bulan pada Senin (9/9/2013) sekitar pukul 04.30 WIB dini hari selama satu jam.

Ditelannya Venus oleh Bulan disebut dengan peristiwa okultasi. Okultasi sebenarnya sama dengan gerhana, tetapi dipakai untuk benda langit secara umum, tak cuma Matahari, Bulan, dan Bumi.

Dalam peristiwa okultasi yang menelan Venus, Bumi, Bulan, dan Venus terletak di satu garis lurus. Bulan yang saat ini sedang dalam fase bulan sabit berada di antara Bumi dan Venus sehingga menutup planet yang kaya karbon dioksida itu.

Okultasi kali ini hanya bisa dilihat di sebagian kecil wilayah Bumi, Argentina dan Cile. Wilayah lain tak bisa melihatnya.

Di Indonesia, okultasi Venus pernah terjadi pada tahun 2010. Saat itu, okultasi Venus oleh Bulan teramati dari wilayah Bangka Belitung. Fenomena yang sama baru akan bisa dilihat lagi dari Indonesia pada tahun 2052.

Stellarium Kenampakan okultasi Venus oleh Bulan dari Rio Bueno, Chile.

Meski tak bisa melihat okultasinya, malam ini dan Minggu malam kemarin, pengamat Indonesia bisa melihat peristiwa konjungsi atau kedekatan antara Venus dan Bulan.

Mulai senja nanti, Venus akan terbit bersama Bulan. Keduanya tampak sangat dekat dan terang. Venus tampil dengan magnitudo -3,58 berdasarkan simulasi aplikasi astronomi Stellarium. Artinya, planet itu bisa dilihat dengan mata telanjang.

Bulan sabit dan Venus juga akan ditemani oleh planet bercincin di Tata Surya, Saturnus. Planet itu akan tampil dengan magnitudo 0,89, bisa dilihat walaupun akan tampak redup.

Bulan, Venus, dan Saturnus bisa diamati bila langit cerah. Waktu pengamatan ketiga benda langit itu takkan lama. Sekitar pukul 21.00 WIB, ketiganya sudah akan tenggelam. Waktu paling tepat untuk mengamati adalah setelah Matahari benar-benar tenggelam.

Meski Bulan dan Venus malam ini tampak dekat, jarak keduanya pada kenyataannya tetap jauh. Bulan berada pada 380.812 km dari Bumi, sementara Venus 159,9 juta km dari Bumi.

Bulan, Venus, dan Saturnus adalah benda langit yang terus menarik perhatian. Bulan baru-baru ini menjadi target penelitian wahana antariksa LADEE milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). NASA akan menguak misteri atmosfer Bulan.

Venus juga terus membuat ilmuwan tercengang. Salah satu fakta menarik tentang Venus adalah adanya gunung berapi aktif serupa Krakatau dan Merapi di planet itu.

Saturnus menarik perhatian sejak lama karena cincin esnya. Baru-baru ini, terungkap bahwa atmosfer Saturnus memiliki air. Bulan Saturnus, Rhea, juga diduga bisa mendukung kehidupan. Misteri Saturnus terus diselidiki oleh wahana antariksa Cassini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com