Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seminggu Ke Depan, Cuaca Diprediksi Cerah

Kompas.com - 01/08/2013, 22:30 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara diprediksi menurun dalam seminggu ke depan. Hal ini terjadi meskipun sejumlah wilayah di selatan Jawa mengalami suhu dingin yang tak seperti biasa, mencapai 17 derajat Celsius di Malang dan 19 derajat Celsius di Yogyakarta.

Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem pada BMKG, Hariadi, mengatakan, turunnya curah hujan terjadi karena bertiupnya angin dari Australia yang juga menjadi penyebab utama suhu dingin di selatan Jawa.

"Angin dari Australia tersebut kelembabannya cenderung rendah sehingga wilayah yang terpengaruh angin itu seperti Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, peluang hujan untuk seminggu ke depan rendah," urai Hariadi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/8/2013).

Angin dari Asutralian menghambat pembentukan awan. Pantauan satelit MTSAT pada Kamis (1/8/2013) seperti dimuat dalam situs web BMKG menunjukkan bahwa cuaca langit di wilayah yang dipengaruhi angin dari Australia tersebut cerah dan bebas dari awan.

Meski cuaca cerah, tak berarti masyarakat bisa lengah. Masyarakat etap perlu waspada. Dari sisi kesehatan, yang perlu diwaspadai adalah penyakit infeksi pernafasan. Sementara itu, masyarakat juga perlu mewaspadai gelombang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com