Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Kekuatan Lepas Landas Kelelawar Terungkap

Kompas.com - 08/07/2013, 21:54 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com — Bagaimana kelelawar beradaptasi secara anatomi dan morfologi sehingga bisa lepas landas terbang layaknya pesawat? Ilmuwan baru-baru ini mengungkapnya lewat studi dengan memanfaatkan sinar X.

Nicolai Konow, ilmuwan dari Brown University, mengamati bagaimana setiap tulang pada kelelawar bergerak saat spesies itu akan lepas landas.

"Kelelawar tak suka berada di atas permukaan. Jadi, kami meletakkannya di atas tanah dan kemudian merekamnya selagi dia lepas landas," kata Konow seperti dikutip BBC, Jumat (5/7/2013).

Konow mengukur perubahan panjang otot dan tendon kelelawar. Dengan demikian, ia mengetahui kemampuan menyimpan energi dan regangannya.

"Kebanyakan mamalia memiliki tendon yang tebal dan kaku sehingga tak bisa meregang dan menyimpan energi di dalamnya seperti kita manusia melakukannya dengan tendon achilles saat kita berlari atau berjalan," kata Konow.

Namun, kelelawar pemakan buah yang diobservasi ternyata mampu menyimpan energi seiring kontraksi dan relaksasi otot bisep dan trisep selama lepas landas.

Melepaskan "energi elastis" tersebut, layaknya sebuah karet yang ditarik lalu dilepaskan, memberikan kelelawar energi ekstra untuk mulai terbang.

Peneliti terkesan dengan kemampuan kelelawar. Menurutnya, hewan satu ini bisa menginspirasi pembuatan robot yang punya banyak kegunaan.

Konow mengatakan, "kelelawar tidak hanya terbang, tetapi juga berjalan, berlari, melompat dan bahkan berenang. Jadi, kita bisa membuat robot amfibi."

Menurut Konow, robot yang terinspirasi dari kemampuan kelelawar tersebut nantinya bisa berupa robot pencari dan penyelamat yang dikirim ke wilayah bencana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com