Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanibalisme Embrio Hiu Menjaga Keturunan

Kompas.com - 07/05/2013, 09:24 WIB

KOMPAS.com — Sejak tahun 1980, dari otopsi hiu macan pasir ditemukan jasad embrio dalam rahim induk. Penelitian menunjukkan, ada kanibalisme embrio untuk menjaga garis keturunan ayah (pejantan). Penelitian dimuat dalam jurnal Biology Letters, 30 April 2013.

Para ilmuwan meneliti hiu macan pasir (Carcharias taurus) pada beberapa periode kehamilan. Hasilnya, embrio yang bertahan berasal dari satu ayah.

Induk hiu biasa kawin dengan pejantan berbeda sehingga dalam rahim terdapat sejumlah embrio berbeda ayah. Embrio yang terbentuk lebih awal memakan saudara-saudara tirinya. Tak heran saat dilahirkan, bayi hiu mencapai panjang 1 meter. Hiu macan pasir dewasa berukuran 2,5 meter.

Demian Chapman, ahli biologi kelautan pada Universitas Stony Brook, New York, dan kolega meneliti genetik 15 induk hiu hamil yang mati kena jaring di Afrika Selatan. Hasilnya, 10 induk hiu mengandung dua embrio dan lima lain pada awal kehamilan dengan 5-7 embrio.

Peneliti menggunakan analisis DNA untuk membedakan garis keturunan. Menurut Chapman kepada Livescience, Rabu (1/5/2013), 5-7 embrio dalam satu rahim berasal dari dua ayah. Adapun rahim yang berisi dua embrio biasanya berasal dari satu ayah. (Livescience/ICH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com