Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Memburu Begonia di Halmahera

Kompas.com - 30/04/2013, 09:22 WIB

TABANAN, KOMPAS.com - Tim peneliti Kebun Raya Eka Karya Bali bersiap mengeksplorasi Halmahera, Maluku, Mei 2013. Eksplorasi hutan itu untuk mencari jenis baru tanaman begonia.

Kebun Raya Eka Karya memiliki koleksi begonia terlengkap di dunia, sebanyak 313 jenis (100 alam, 213 hasil silangan). Secara fisik, begonia memiliki daun tak simetris dengan corak dan warna-warni menarik.

”Kami harap menemukan begonia yang belum terdefinisi atau belum dikoleksi,” kata peneliti begonia Kebun Raya Bali, Kadek Rosi Undaharta, di Bedugul, Tabanan, Bali, akhir pekan lalu.

Eksplorasi hutan rutin dilakukan tim peneliti kebun raya milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini. Di dunia, diperkirakan ada 1.600 jenis begonia, sebanyak 200 di antaranya ada di Indonesia yang belum semuanya berhasil diidentifikasi.

Menurut Rosi, setelah ditemukan dan dikumpulkan, tanaman- tanaman tersebut akan dicek lebih dulu dan didefinisikan. Untuk memublikasikannya butuh waktu satu tahun.

Kebun Raya Bali berada di kawasan Bedugul yang sejuk pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tak jauh dari kebun raya terdapat Danau Bedugul.

Muntadliroh dari bagian Humas Kebun Raya Bali menyebutkan, kebun raya itu khusus untuk konservasi tanaman dari kawasan timur Indonesia. Kawasan timur Indonesia yang dimaksud adalah dari wilayah Bali ke timur.

”Kami juga mereintroduksi tanaman hias. Jadi, tanaman hias dibudidayakan. Hasilnya, sebagian disumbangkan ke daerah asal atau lahan kritis,” kata Muntadliroh.

Saat ini Kebun Raya Eka Karya Bali kerap dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Titik utama yang ramai dikunjungi wisatawan adalah area tanaman paku-pakuan dan kaktus. Selain itu, patung Kumbakarna di area kebun raya juga kerap dikunjungi. (IDR/NIK)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com