Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jenis Kecoa Raksasa Ditemukan di China

Kompas.com - 01/03/2013, 09:24 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Kecoa yang sering dianggap menjijikkan ternyata telah mendiami Bumi sejak sebelum zaman dinosaurus. Jumlah jenisnya kini begitu banyak. Bayangkan, ada 4.500 spesies kecoa mendiami Bumi hari ini!

Kini, baru saja ilmuwan asal China menemukan tiga spesies kecoa baru. Semoga tidak menambah jijik sebab sebenarnya tak semua kecoa tinggal di tempat menjijikkan seperti yang dibayangkan.

Tiga spesies kecoa yang ditemukan termasuk dalam keluarga kecoa raksasa (Blaberidae). Meski nama keluarganya kecoa raksasa, ukuran kecoa ini cuma sekitar 3 cm. Dengan ukuran ini, kecoa ini masih kalah besar dengan kecoa Blaberus giganteus yang bisa mencapai panjang 10 cm.

Kecoa yang ditemukan kali ini masuk dalam genus Pseudophoraspism. Genus ini sebelumnya hanya ditemukan di Vietnam.

"Kami menemukan tiga spesies baru dari China di provinsi Hainan, Yunnan, dan Guangxi, membuat wilayah sebaran genus Pseudophoraspism semakin meluas ke utara," ata Zongqing Wang, pakar serangga dari Southwest University, seperti dikutip Livescience, Kamis (28/2/2013).

Tiga spesies yang ditemukan adalah Pseudophoraspis clavellata, Pseudophoraspis recurvata, dan Pseudophoraspis incurvata.

Perbedaan ketiganya ada pada struktur yang disebut sclerite, bagian yang mengalami pengerasan. Spesifiknya, bagian yang disebut sclerite L2D atau bagian yang mengalami pengerasan di wilayah genitalia.

Untuk P clavellata, bagian itu memiliki pertumbuhan apikal lurus. Sementara itu, untuk P recurvata dan P incurvata masing-masing mengalami pertumbuhan apikal membelok ke dalam dan ke luar. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Zookeys, Rabu (27/2/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com