Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amatir Temukan 42 Kandidat Planet Baru

Kompas.com - 13/01/2013, 18:25 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

OXFORD, KOMPAS.com - Astronom amatir yang tergabung dalam proyek Planet Hunter berhasil menemukan 42 kandidat planet dimana 15 diantaranya merupakan kanidat planet yang ada di zona layak huni.

"Planet-planet itu adalah kandidat yang luput dari pengamatan astronom profesional namun dapat diselamatkan oleh para sukarelawan dar depan web browser mereka. Mengagumkan bahwa setiap orang bisa menemukan planet," kata Chris Lintottt dari Zooniverse, pengawas program Planet Hunter.

Salah satu planet yang ditemukan bernama PH2 b. Planet tersebut ditemukan dengan menganalisis data dari teleskop antariksa Kepler. Keberadaan planet tersebut akhirnya juga telah dikonfrmasi oleh pengamatan di Observatorium Keck, Hawaii.

PH2 adalah planet seukuran Jupiter, terlalu besar untuk mendukung kehidupan. Meski demikian, bulan yang mengitari planet ini mungkin bisa dihuni. Temperatur atmosfer di planet berkisar antara 30 derajat hingga -88 derajat Celsius.

"Bulan yang mengitari planet baru seukuran Jupiter ini mungkin bisa dihuni," kata Ji Wang, peneliti postdoktoral di Yale University yang menjadi pimpinan penulisan nasakah hasil penelitian yang akan segera dipublikasikan di Astrophysical Journal.

Bulan yang akan sama dengan yang dideskripsikan dalam film Avatar, ada bulan Pandora yang bisa dihuni yang mengelilingi planet gas raksasa Polyphemus.

PH2 ditemukan dengan teknik transit, melihat kedipan cahaya bintang saat ada planet yang melintas di mukanya. Para sukrelawan diberi akses pada data teleskop Kepler. Kandidat paling kuat dari planet yang ditemukan akan diteliti oleh astronom profesional.

Diberitakan Space, Sabtu (12/1/2013), sejauh ini, proyek Planet Hunter telah menemukan 48 kandidat planet. Planet pertama yang telah terkonfirmasi adalah PH1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com