Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bazinga! Slogan "Big Bang Theory" Jadi Nama Lebah

Kompas.com - 04/01/2013, 19:35 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BRAZILIA, KOMPAS.com - Nonton serial "Big Bang Theory"? Karakter dalam serial itu, Sheldon Cooper, punya dua gelar Ph.D dan IQ 187. Ia juga punya ungkapan terkenal yang selalu membuat tertawa, "Bazinga".

Kini, ungkapan Cooper dijadikan nama spesies lebah anggrek yang ditemukan di Brazilia. Andre Nemesio, biolog dari Universidade Federal de Uberlandia yang menemukan spesies itu mengatakan, nama "bazinga" cocok karena spesies yang menipu para ilmuwan.

Nama lengkap spesies itu adalah Euglossa bazinga. Spesies tersebut semula diduga anggota spesies Euglossa ignita. penelitian lanjut menunjukkan, keduanya sebenarnya merupakan spesies yang berbeda.

Nemesio seperti dikutip CNN, Kamis (3/1/2013), mengatakan, "Ide penamaan adalah memberi penghargaan pada Jim Parsons dan interpretasinya yang luar biasa pada Sheldon Cooper Serial agak berlebihan, tapi sarkastik dan menunjukkan bagaimana sesuatu bisa terjadi dalam dunia akademis."

Saat ini, banyak spesies lebah anggrek terancam punah. Hanya usaha yang sungguh-sungguh yang mampu menyelamatkan. Pada saat yang sama, penting untuk memberikan penyadaran pada masyarakat akan keberadaan spesies-spesies lebah dan ancamannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com