Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euro, Anak Gajah Pendatang Baru di Taman Safari

Kompas.com - 14/06/2012, 20:12 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Bayi satwa Gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) terbaru di lembaga konservasi "ex-situ" atau di luar habitat Taman Safari Indonesia Cisarua, Kabupaten Bogor, diberi nama "Euro".

"Anak gajah berkelamin jantan ini diberi nama `Euro` karena berbarengan dengan ajang sepak bola Piala Eropa 2012 yang kini sedang berlangsung," kata Kepala Humas Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua Yulius H Suprihardo di Bogor, Kamis (14/6/2012).

Ia menjelaskan, bayi gajah "Euro" itu sebenarnya lahir pada 21 Mei 2012 namun baru bisa dilihat masyarakat luas dengan leluasa baru-baru ini.

Dua bayi gajah sebelumnya yang telah lahir mendahului "Euro", adalah anak gajah sumatera pada tanggal 3 Maret 2012 berkelamin jantan bernama "Leonardo". Sedangkan pada 25 April 2012, lahir anak gajah berkelamin betina bernama "Angie".

"Jadi hingga pertengahan tahun 2012 ini saja, Taman Safari Indonesia berhasil mengembangbiakkan tiga ekor anak gajah," katanya menambahkan.

Gajah sumatera, seperti diketahui, dimasukkan dalam kategori hewan terancam punah menurut International Union Conservation Nation (IUCN). Keberadaannya kian terancam, apalagi karena seringnya gajah diburu, diracun atau terjebak.

Taman Safari Indonesia selama kurun waktu hampir 26 tahun sejak berdiri telah berhasil mengembangbiakkan gajah sumatera yang saat ini berjumlah 45 ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com