Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Gajah Sumatera Jantan Ditemukan Mati

Kompas.com - 31/05/2012, 17:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com — Seekor gajah sumatera jantan ditemukan mati di kawasan konservasi Taman Nasional Tesso Nilo, Provinsi Riau, Kamis (31/5/2012).

"Gajah jantan ini diperkirakan baru satu hari mati," kata Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo, Kuppin Simbolon.

Ia menjelaskan, bangkai gajah tersebut pertama ditemukan oleh petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo dan anggota WWF Riau, Kamis pagi tadi. Menurut dia, gading gajah malang itu masih utuh. Namun, penyebab kematiannya belum bisa dipastikan.

"Tim dokter hewan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau kini sedang menuju ke lokasi untuk memastikannya," kata Kuppin.

Lokasi penemuan gajah mati itu tepatnya di daerah Sei Tapak, Desa Lubuk Kembang Bunga, Kabupaten Pelalawan, Riau. Di daerah itu terdapat perkebunan kelapa sawit milik warga. Dengan penemuan bangkai gajah tersebut, selama 2012 telah ada empat gajah sumatera yang ditemukan mati di Provinsi Riau.

Sebelumnya, sudah ada tiga gajah mati. Kuat dugaan kedua gajah tersebut merupakan kelompok gajah liar di kawasan Tesso Nilo.

Adapun tiga gajah yang ditemukan mati sebelumnya berada di Desa Pangkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Lokasinya di tepi sungai di kawasan hutan yang tak jauh dari Taman Nasional Tesso Nilo. Daerah penemuan bangkai merupakan lintasan gajah liar, yang kondisinya kini mulai rusak akibat konversi lahan menjadi kebun kelapa sawit.

"Ini adalah pertama kali gajah mati ditemukan dalam keadaan utuh. Sebelumnya sudah menjadi kerangka," kata Kuppin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com