Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bungai Bangkai Mekar di Bengkulu

Kompas.com - 22/02/2012, 23:08 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Satu bunga bangkai (Amorphopallus titanum) mekar sempurna di lokasi penangkaran milik warga Desa Tebat Monok, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, Rabu (22/2/2012).

"Kami menemukan kelopak bunga sudah mulai membuka dan diperkirakan mekar selama tujuh hari ke depan," kata Holidin, pemilik lokasi penangkaran yang berada di lereng Hutan Lindung Bukit Daun, saat dihubungi dari Bengkulu.

Sejak diumumkan mekar, bunga langka yang menebar bau kurang sedap itu langsung menarik perhatian warga pengguna jalan lintas Kota Bengkulu-Kepahiang. Tinggi bunga raksasa itu diperkirakan mencapai 200 sentimeter dengan warna kelopak merah bercampur ungu.

Lokasi penangkaran hanya berjarak 70 meter dari badan jalan utama sehingga pengunjung dapat menjangkau tempat itu dengan mudah.

"Kami menyediakan kotak sumbangan bagi pengunjung untuk biaya perawatan lokasi penangkaran ini," tambahnya.

Holidin mengatakan sudah menanam lebih dari 400 batang bunga bangkai di lokasi penangkaran seluas 3 hektar tersebut. Sejak ditanam pada 2003, sebanyak 25 bunga bangkai sudah berhasil mekar di lokasi penangkaran milik keluarga itu.

Selain jenis titanum, terdapat tiga jenis bunga bangkai yang dibudidayakan di lokasi itu, yakni jenis gigas, variabilis, dan phaeonifolius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com