Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Khusus "Nge-tweet" dari Antariksa

Kompas.com - 19/02/2011, 19:21 WIB

KOMPAS.com — Agensi Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) berencana mengirim robot humanoid ke angkasa. Robot tersebut secara khusus diharapkan bisa berkomunikasi dengan manusia di Bumi lewat jaringan microblogging Twitter.

JAXA berencana melakukan studi sebelum meluncurkan robot itu paling cepat pada 2013. JAXA akan mengirimkan robot tersebut ke International Space Station.

Robot itu diharapkan bisa nge-tweet kata-kata sederhana, seperti "selamat pagi" dan "selamat malam". Tak ketinggalan, robot itu juga akan memberitahukan lokasinya di antariksa.

Insinyur JAXA, Satoshi Sano, mengatakan, robot ini bisa membantu berkomunikasi saat para astronot sedang tidur. Robot juga bisa mengukur tingkat stres para astronot dengan mendeteksi nada bicara dan ekspresi wajah mereka.

"Sejalan dengan masyarakat yang semakin antusias, saya berharap proyek robot ini bisa memfasilitasi komunikasi dengan orang lebih tua di tempat terpencil di angkasa serta anggota keluarga," kata Sano.

Selain JAXA, agensi iklan Dentsu di Jepang dan Universitas Tokyo juga akan mendukung proyek ini. Sementara itu NASA juga akan mengirimkan robot humanoid yang akan dibawa bersama pesawat ulang alik Discovery minggu depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com