Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astronot China Belum Pernah ke LN

Kompas.com - 16/10/2010, 12:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua astronot China, Nie Haiseng dan Zhai Zhigang, yang berkunjung ke Indonesia sejak 13 Oktober hingga 23 Oktober 2010 ternyata belum pernah menggelar kunjungan ke luar negeri. Hal ini dikatakan oleh Duta Besar RRC untuk Indonesia, Zhang Qiyue, saat acara tatap muka antara siswa SMP se-Jabodetabek dengan dua antariksawan China di PPIPTEK, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (16/10/2010).

"Antariksawan kami tidak pernah berkunjung keluar negeri. Ini kali pertama mereka mengadakan kunjungan ke luar negeri," kata Zhang.

Indonesia merupakan negara luar pertama yang mereka kunjungi. Alasannya, menurut Zhang, China menganggap Indonesia sebagai negara yang spesial.

"Indonesia merupakan negara sahabat kami sejak lama. China sudah bersahabat dengan Indonesia dari 1.000 atau 2.000 tahun lalu saat ada pelaut utusan China yang dikirim ke sini," ungkapnya.

Kedatangan dua astronot China beserta kapal pemantau satelit Yuangwang 5 ini, selain untuk merayakan 60 tahun hubungan Indonesia-China, juga untuk berbagi pengalaman kepada para siswa dan ilmuwan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com