Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Air Meluncur di Dunia Fantasi

Kompas.com - 26/12/2009, 13:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Ingin tahu bagaimana cara roket meluncur? Roadshow ITB Fair yang digelar di Panggung Maksima Dunia Fantasi Jakarta menggelar replika roket air yang dapat meluncur dengan dorongan air.

Roadshow yang digelar 26-28 Desember 2009 ini memamerkan hasil karya mahasiswa ITB yang aplikatif dan menarik. Terlihat di area pameran pagi ini, Sabtu (26/12/2009) sebuah roket air yang sedang dipersiapkan untuk diterbangkan.

Menurut Aghna Satriya, mahasiswa teknik mesin ITB, peluru roket air ini terbuat dari botol bekas yang didorong oleh tekanan air.  "Pake air, nanti ada kompresornya, dengan tekanan air bisa terbang," ujar Aghna di area roadshow ITB Fair, Dunia Fantasi, Jakarta, Sabtu (26/12/2009).

Roket air ini bisa menempuh jarak sejauh 500 m dan bisa diaplikasikan untuk nelayan yang ingin melempar jala lebih jauh ke tengah laut. Acara ini diharapkan dapat memperkenalkan hasil karya mahasiswa ITB yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

"Sayangnya karya ITB banyak banget tapi berdebu di kampus, lama-lama rusak," kata Ahmad Faris, ketua penyelenggara ITB Fair.

Tema ITB Fair kali ini adalah Sosio Creative Movement yang berarti sosialisasi teknologi yang mengasyikkan dan aplikatif. Selain menampilkan beberapa replika wahana seperti bianglala dan kora-kora, roadshow ITB Fair juga memperkenalkan teknologi sederhana kepada anak-anak.

Salah satunya, sulap kimia yang memperlihatkan replika gunung meletus. Roadshow pameran karya mahasiswa ini akan dilanjutkan dengan ITB Fair yang akan digelar di kampus ITB Bandung pada tanggal 5-7 Februari 2010 nanti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com