Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada! Badai El Nino Bakal Melanda NTT

Kompas.com - 27/10/2009, 15:46 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Badai El Nino diperkirakan akan melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) pada November mendatang.

Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang Ir Purwanto di Kupang, Selasa (27/10) mengimbau, para petani di wilayah provinsi kepulauan ini menanam tanaman umur pendek agar tidak gagal panen.

"Berdasarkan hasil foto citra satelit, El Nino yang terjadi pada November mendatang dengan intensitas tinggi sehingga usaha pertanian umum panjang akan mengalami kegagalan," katanya.

El Nino adalah fenomena alam akibat meningkatnya suhu muka air laut di sekitar Pasifik tengah dan timur sepanjang ekuator, yang membawa dampak buruk kemarau panjang.

Dari segi ilmiah, El Nino merupakan fenomena cuaca skala global dan mempengaruhi kondisi iklim di berbagai tempat, di antaranya akan berdampak terhadap kondisi cuaca global.

"Angin pasat timuran akan melemah, sirkulasi monsoon melemah yang berakumulasi pada kurangnya curah hujan di wilayah Indonesia, Amerika Tengah dan Selatan bagian utara," ujarnya.

Potensi hujan terdapat di sepanjang Pasifik Ekuatorial Tengah dan Barat serta wilayah Argentina. "Dari dampak yang ditimbulkan secara global tersebut," katanya.

Fenomena El Nino menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia berkurang. Namun, berkurangnya tingkat curah hujan ini sangat tergantung intensitas El Nino tersebut.

Di sisi lain, posisi geografis Indonesia yang dikenal sebagai benua maritim, maka tidak seluruh wilayah Indonesia terkena dampak El Nino.

El Nino pernah menimbulkan kekeringan panjang di Indonesia, curah hujan berkurang dan keadaan bertambah menjadi lebih buruk dengan meluasnya kebakaran hutan dan asap yang ditimbulkannya.

Untuk NTT, pengaruh El Nino yang akan terjadi pada bulan November nanti, dipredidksikan akan mengurangi waktu musim penghujan dan berbalik kepada kemarau yang panjang.

"Biasanya di NTT musim penghujan terjadi sekitar Desember-April, bisa mungkin karena El Nino di bulan November ini, intensitas hujan hanya dari akhir Desember hingga Maret 2010," kata dia.

Untuk mengatasi kondisi ini, dia juga menghimbau kepada semua komponen yang terkait di dalamnya untuk bisa sama-sama mempersiapkan segala sesuatunya mengatasi kondisi El Nino tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com