Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Dana Penyelamatkan Terumbu Karang Rp 46,5 M

Kompas.com - 12/10/2009, 15:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran dana sebesar 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 46,5 miliar untuk penyelamatan terumbu karang di Indonersia. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numbery usai acara "Coral Reef Management Symposium on CT Area Indonesian Ocean Policy Workshop" Di Menara Bidakara Jakarta.

Freddy menyatakan hal tersebut merupakan bukti keseriusan dari pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun yang lalu, karena melihat begitu parahnya kerusakan yang terjadi pada terumbu karang di Indonesia.

"Saya mewakili pemerintah, melalui DKP (Departemen Kelautan dan Perikanan), siapapun pemerintahan yang akan datang nantinya, penyelamtana terumbu karang adalah suatu komitmen yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia yang harus segera diajalankan sedini mungkin," tegas Freddy.

Adapun penyisihan anggaran yang demikian besar tersebut bisa digunakan untuk menjalankan beberapa program berskala nasional, baik itu program yang sedang berjalan maupun program yang sedang dijalankan. Sebut saja di antaranya program pendidikan dan pelatihan penyelamatan dan pelestarian terhadap terumbu karang bagi seluruh siswa SD hingga SMU di Indonesia.

Edukasi juga akan diberikan dengan memberikan buku yang berisi cara penyelamatan terumbu karang.  Kemudian, pemerintah juga mengembangkan program pembersihan kawasan pesisir pantai dengan melibatkan masyarakat sekitar pantai.

"Sosialisasi seperti inilah yang terus kami jalankan bersama tim secara nasional, tentunya dengan didukung oleh kerja sama dari pihak terkait. Diharapkan dengan berjalannya sosialisasi ini dengan baik, maka bisa menekan angka kerusakan terumbu karang yang ada," tandas Freddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com