Misi "Rumah" di Antariksa

Kompas.com - 02/09/2009, 10:31 WIB

Oleh YUNI IKAWATI

KOMPAS.com - Wahana antariksa Discovery yang diluncurkan Jumat (28/8) kini mulai menjalankan Misi STS-128. Misi ini akan membuat stasiun ruang angkasa menjadi ”rumah” yang nyaman bagi awaknya. Untuk itu, di stasiun ini akan dipasang unit perlengkapan yang baru: disebut modul logistik multiguna Leonardo. Dengan terlaksananya misi STS-128, program wahana ruang angkasa NASA ini mendekati akhir. Setelah penerbangan Discovery ke stasiun ruang angkasa internasional (ISS) pekan lalu, kini tinggal tersisa enam misi penerbangan lagi.

Sementara program menjelang selesai, stasiun itu akan terus dibangun. Untuk itu, jumlah awak stasiun akan ditingkatkan, dari tiga menjadi enam orang. Enam awak angkatan pertama akan tetap bertugas ketika Discovery tiba.

Modul baru yang akan dipasang adalah ruang tidur baru, yang akan dipasang dalam modul Laboratorium Kibo Jepang, juga treadmill COLBERT (combined operational load bearing external resistance treadmill). Leonardo juga berisi rak eksperimen ilmiah untuk Laboratorium Kibo dan Destiny.

Wahana ini juga mengandung tiga rak untuk tujuan ilmiah, yaitu FIR (fluids integrated rack), materials science research rack pertama (MSRR-1) untuk ditempatkan dalam Destiny, dan MELFI-2 (minus eighty laboratory freezer for ISS) untuk dimasukkan dalam Kibo.

Dengan FIR dimungkinkan penelitian detail tentang perilaku cairan dalam gravitasi mikro, yang merupakan hal krusial pada banyak reaksi kimia. Percobaan ini memeriksa perilaku campuran yang disebut koloid tanpa dikendalikan oleh sedimentasi dan konveksi. Percobaan lain: penggunaan light microscopy module (LMM) untuk memeriksa kinerja ideal tabung panas tanpa distorsi gravitasi.

Untuk penyampaian peralatan tersebut, awak STS-128 akan tiga kali berjalan di ruang angkasa untuk menjalankan tugas, seperti memindahkan dan mengganti material untuk percobaan ilmiah di luar stasiun.

Multi-purpose logistics module (MPLM) Leonardo digunakan untuk membantu enam awak membawa pasokan ekstra dan peralatan untuk ISS. Modul itu berisi tiga rak dan atmospheric revitalization system (ARS) yang akan ditempatkan sementara di Kibo dan Node 3.

Wahana ini juga membawa lightweight multi-purpose experiment support structure carrier (LMC) dengan ammonia tank assembly (ATA). Tangki amonia yang baru akan mengganti tangki yang kosong.

Misi STS-128 adalah langkah penting menyiapkan masa depan penerbangan ruang angkasa. NASA melaksanakan rencana jangka panjang yang akan menuntun manusia kembali ke Bulan. Sekarang NASA telah melengkapi ISS dengan penerbangan pesawat ruang angkasa yang akan berakhir tahun 2010.