Kendaraan Penghadang Asteroid Dikembangkan

Kompas.com - 01/09/2009, 08:56 WIB

KOMPAS.com - Setelah teknologi sukses membawa manusia menjelajahi angkasa, gagasan baru pun dikembangkan. Sejumlah ilmuwan Inggris, bersama perusahaan ruang angkasa Stevenage EADS Atrium, berencana membangun kendaraan angkasa pencegat asteroid besar yang membahayakan Bumi.

Kendaraan atau ”traktor angkasa” itu dirancang membelokkan orbit asteroid yang berisiko menabrak Bumi. Kendaraan tersebut akan menghadang asteroid hingga jarak 48 meter dari sumber ancaman lalu mendorong batu angkasa ke arah lain. Menurut ahli, hal itu dimungkinkan dengan menggunakan kekuatan dari tenaga surya.

Alat tersebut idealnya diluncurkan 15 tahun mendatang sebelum terjadi tubrukan Bumi-asteroid, seperti yang selama ini diperkirakan. Menurut laporan Program Obyek di Dekat Bumi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), terdapat 1.068 benda yang dikenali sebagai ”asteroid yang potensial berbahaya”, yang diperkirakan berada di angkasa. (GSA)